Baca dalam 3 menit

Akankah Semua Orang Mendapatkan Vaksin COVID-19? Begini Jawaban Para Ahli

Waktu Publish : 06 Apr 2020, 23:02 WIB
SHARE ARTIKEL

Akankah Semua Orang Mendapatkan Vaksin COVID-19? Begini Jawaban Para Ahli

ilustrasi vaksin - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Bagaimana kabar penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19 serta obat klinis yang efektif dari para peneliti? Apakah semua orang akan dapat divaksin di masa depan? Masih seberapa jauh pengobatan ini dari kita? Baru-baru ini, CCTV news pada "News 1 + 1" menghubungi Zhou Qi, Wakil Sekretaris Jenderal sekaligus akademisi Chinese Academy of Sciences untuk menjawab isu-isu ini.

1) Seberapa banyak yang kita ketahui tentang virus saat ini? Zhou Qi mengatakan, studi tentang virus dapat digambarkan sebagai "Langkah Pertama dari Perjuangan Panjang". “Dalam menghadapi virus, dari mana asalnya, ke mana ia pergi, dan seperti apa bentuknya, sejauh ini, saya masih belajar sedikit sehingga masih banyak jalan yang harus ditempuh.”

2) Saat ini, tidak ada mutasi besar virus yang ditemukan di Tiongkok. Zhou Qi mengatakan, jika virus ingin tetap hidup, mereka harus tetap bermutasi. Kini, di seluruh dunia, ada banyak artikel yang menggambarkan tentang kondisi mutasi virus. Namun jika dilihat di Tiongkok, mutasi virus sama sekali tidaklah signifikan. Sejak virus ditemukan pada tanggal 11 Januari 2020, dan setelah melalui seluruh rangkaian uji, tidak ditemukan adanya mutasi besar yang terjadi hingga hari ini. Hal ini mungkin tidak sama dengan apa yang ditemukan di negara lain di dunia.

3) Apa pentingnya menemukan, mengidentifikasi, dan menerbitkan urutan lengkap virus? Penemuan virus dan identifikasi urutan lengkap pada tanggal 11 Januari 2020 adalah terobosan paling mendasar dalam pekerjaan melawan pandemi ini. Jika tidak ada urutan lengkap, maka tidak ada cara untuk mempelajari tes pereaksi atau untuk melakukan pengembangan vaksin.

4) Bagaimana dengan sensitivitas dan keakuratan tes pereaksi? Berdasarkan urutan lengkap dari virus yang diterbitkan pada bulan Januari di Tiongkok, banyak metode deteksi yang berbeda telah dikembangkan. Sensitivitas dan waktu deteksi berkembang ke arah yang lebih baik. Sekarang, Badan Pengawas Obat dan Makanan Negara telah merilis sejumlah alat uji dan peralatan terkait, beberapa di antaranya juga sedang dipromosikan dan diekspor ke luar negeri, dan metode pengujian telah diperbarui secara revolusioner.  

5) Seberapa jauh pengobatan COVID-19 ini dari kita? Untuk COVID-19, tidak ada obat yang benar-benar efektif. Penelitian dan pengembangan obat bukanlah proses yang singkat. Namun apa yang kita hadapi saat ini, bukanlah proses yang baru dimulai, karena penelitian tentang virus corona sebenarnya telah berlangsung selama bertahun-tahun, sehingga banyak pekerjaan yang harus berhasil dalam waktu dekat.

6) Apakah semua orang akan mendapatkan vaksin virus corona di masa depan? Zhou Qi mengatakan bahwa tidak semua orang di dunia ini juga mendapatkan vaksin flu. Ia mengharapkan, metode pengobatan dan pencegahan mungkin akan menjadi lebih baik di masa depan.

7) Apakah vaksin adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri pandemi?  Dalam proses melawan pandemi, semua cara diperlukan. Vaksin adalah cara yang penting namun bukanlah satu-satunya.

Terkait

technology

Cerita Zhu Aobing, Relawan Uji Coba Vaksin COVID-19

  • Edwin Adriaansz
  • 23 Mar 2020

health

Komite Pengarahan Pusat Mempercepat Vaksin COVID-19, Teknolo...

  • Olivia Dian
  • 02 Apr 2020

technology

Empat Relawan Uji Klinis Fase I Vaksin COVID 19 Telah Pulang...

  • Nabila Caya
  • 02 Apr 2020

health

Dapatkah COVID 19 Dicegah Tanpa Vaksin?

  • Nabila Caya
  • 03 Apr 2020

health

Akankah Semua Orang Mendapatkan Vaksin COVID-19? Begini Jawa...

  • Olivia Dian
  • 06 Apr 2020

news

Vaksin COVID-19 Mulai Digunakan Pada Bulan April 2020!

  • Aisyah Hidayatullah
  • 09 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong