Baca dalam 3 menit

Indeks Harga Konsumen di Yunnan Pada Bulan Maret Menurun

Waktu Publish : 14 Apr 2020, 18:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Indeks Harga Konsumen di Yunnan Pada Bulan Maret Menurun

Konsumsi Belanja - Image from Kemajuan dalam

Survei dari Biro Statistik Nasional menunjukkan bahwa pada Maret 2020, indeks harga konsumen di Yunnan naik sebesar 5,3% dari tahun sebelumnya, tetapi juga turun sebesar 1,2% dari bulan sebelumnya. Jika dilihat dari perubahan per tahunnya, pada bulan Maret 2020, dari delapan kategori harga konsumen di Yunnan, enam di antaranya menunjukkan adanya sebuah tren naik, satu tetap dan satu mengalami penurunan. Harga makanan juga meningkat sebesar 16,9%, harga pakaian naik sebesar 0,5%, harga alat rumah tangga naik 0,4%, harga kebutuhan sehari-hari tetap tidak berubah, biaya transportasi dan komunikasi menurun sebesar 3,7%, biaya pendidikan meningkat sebesar 2,3%, harga perawatan kesehatan meningkat 1,0%, harga layanan lainnya pun meningkat sebesar 3,2%.

Pada bulan Maret 2020, ketika proses pengendalian pandemi terus membaik, pekerjaan masyarakat pun berangsur kembali normal dan produksi pun terus meningkat, sehingga pasokan pasar mulai tercukupi. Namun demikian, harga makanan segar menurun sebesar 5,9%, di mana harga daging turun sebesar 6,2% dan harga sayuran segar turun 10,6%.

Jika dilihat dari perubahan per bulannya, dari delapan kategori konsumsi penduduk di bulan Maret 2020, dua di antaranya menunjukkan adanya tren naik, satu tetap dan lima kategori lainnya mengalami penurunan. Harga makanan menurun sebesar 2,4%, harga pakaian turun sebesar 0,5%, harga alat rumah tangga turun 0,2%, harga kebutuhan sehari-hari tetap sama dengan bulan lalu, biaya transportasi dan komunikasi menurun sebesar 2,2%, biaya pendidikan menurun sebesar 0,1%, dan harga perawatan kesehatan meningkat 0,1%.

Banner Kanan
Logo follow bolong