Baca dalam 3 menit

Obat-obat Ini Ampuh Tangani COVID-19, Tapi Jangan Sampai Asal Minum!

Waktu Publish : 21 Apr 2020, 18:23 WIB
SHARE ARTIKEL

Obat-obat Ini Ampuh Tangani COVID-19, Tapi Jangan Sampai Asal Minum!

Obat-obat Ini Ampuh Tangani COVID-19, Tapi Jangan Asal Minum - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Istilah "tiga obat" yang berasal dari konferensi pers yang diadakan oleh Kantor Informasi Dewan Negara pada 23 tanggal Maret 2020, di mana "tiga obat" merujuk pada kapsul Lianhua Qingwen (连花清瘟胶囊), butiran Jinhua Qinggan (金花清感颗粒) dan injeksi Xuebijing (血必净注射液), yang telah teruji dapat membantu perawatan pasien COVID-19.

Di antara ketiga obat tersebut, Lianhua Qingwen ((连花清瘟胶囊) awalnya dikembangkan untuk mengobati SARS, sedangkan butiran Jinhua Qinggan (金花清感颗粒) dikembangkan untuk mengatasi influenza A 2009 (H1N1). Dalam situasi wabah COVID-19 saat ini, "tiga obat" tersebut memainkan peran penting, ketiganya juga menjadi lebih populer secara global, dan penjualannya pun meningkat tajam.

Para pakar pengobatan tradisional Tiongkok mengatakan bahwa walaupun ketiga obat tersebut dapat mengobati COVID-19, namun gejala yang berbeda, harus menggunakan obat yang berbeda. Jika seseorang merasakan demam ringan, sakit kepala berat, faring merah dan sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, kehausan, maka gunakan obat Jinhua Qinggan (金花清感颗粒). Jika demam berat, sakit otot, hidung tersumbat, pilek, batuk, radang paru-paru, gunakan kapsul Lianhua Qingwen (连花清瘟胶囊). Injeksi Xuebijing (血必净注射液) digunakan untuk mengobati sesak nafas, palpitasi, dan infeksi yang menyebabkan peradangan sistemik. Sementara itu, injeksi Xuebijing (血必净注射液) juga dapat melindungi organ pasien dari kerusakan, yang dapat digunakan untuk pasien dengan kondisi parah dan kritis.

Akan tetapi, ketiga obat tersebut tidak boleh diminum oleh orang yang tidak memiliki gejala apa pun atau yang tidak terinfeksi virus COVID-19. Liu Baoyan (刘保延), selaku Peneliti Utama Akademi Ilmu Pengetahuan Medis Tiongkok (中国中医科学院首席研究员) mengatakan bahwa orang-orang yang tidak terindikasi positif COVID-19 tidak boleh menggunakan tiga obat tersebut untuk mencegah virus COVID-19. Mereka tidak dapat mencegah virus COVID-19 dengan meminum ketiga jenis obat tersebut.

"Jika kamu tidak sakit dan minum obat ini, itu akan merusak perut dan tubuhmu." Liu menyarankan bahwa jika warga merasa khawatir akan penyebaran COVID-19, mereka dapat meminum obat atau vitamin lainnya yang berfungsi untuk memperkuat tubuh mereka dan memperkuat resistensi mereka terhadap penyakit sesuai dengan karakteristik fisik mereka masing-masing. Misalnya, jika limpa dan lambung tidak terasa baik, maka mereka harus meminum obat yang bermanfaat untuk limpa dan lambung. Selain itu, tidur tepat waktu, makan teratur dan berolahraga terus-menerus juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Terkait

health

Perdana Menteri Tiongkok Sampaikan Pidatonya di KTT Vaksin G...

  • Nabila Caya
  • 05 Jun 2020

health

Tiongkok Pastikan Vaksin COVID-19 akan Dapat Dijangkau oleh ...

  • Nabila Caya
  • 26 May 2020

health

Obat Antimalaria Dapat Tingkatkan Risiko Kematian COVID-19? ...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 23 May 2020

technology

Belum Ada Vaksin yang Dapat Izin, Perusahaan Ini Malah Siap ...

  • Nabila Caya
  • 16 May 2020

health

Harapan Baru Telah Tiba, Uji Klinis Vaksin COVID-19 Telah Be...

  • Nabila Caya
  • 08 May 2020

health

Uji Klinis Remdesivir di Tiongkok Gagal, AS Masih Optimis

  • Nabila Caya
  • 02 May 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong