Baca dalam 3 menit

Tiongkok Dituduh Menimbun Masker N95 dan Alat Penanganan Pandemi Lainnya

Waktu Publish : 01 Apr 2020, 17:27 WIB
SHARE ARTIKEL

Tiongkok Dituduh Menimbun Masker N95 dan Alat Penanganan Pandemi Lainnya

Masker N95 - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

COVID 19 terus tersebar di seluruh penjuru dunia, membuat kebutuhan akan masker N95 dan alat penanganan pandemi lainnya terus meningkat. Baru-baru ini, opini publik di luar negeri mengklaim bahwa Tiongkok sengaja menimbun alat kesehatan dan tidak memberikan bantuan tepat waktu kepada negara lain. Sebagai tanggapan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan, dia sama sekali tidak menyetujui pernyataan tersebut. Di satu sisi, COVID 19 di Tiongkok belumlah berakhir, sehingga kebutuhan dalam negeri akan peralatan medis terkait juga tinggi. Di sisi lain, pemerintah Tiongkok telah memberikan bantuan material termasuk masker N95 ke 120 negara dan empat organisasi internasional.  

Hua Chunying mengatakan, tanggung jawab utama pemerintah Tiongkok adalah melakukan pekerjaan dengan baik dalam pencegahan dan pengendalian domestik dan melindungi kesehatan rakyat. Melindungi 1,4 miliar penduduk Tiongkok merupakan kontribusi besar bagi kesehatan dan keselamatan publik global. Pada saat yang sama, Tiongkok juga secara aktif menyediakan bahan pencegahan pandemi untuk negara-negara yang membutuhkan.  

Menurut Hua Chunying, beberapa negara telah mengajukan permintaan pengadaan bantuan komersial ke Tiongkok melalui saluran diplomatik, dan Tiongkok telah merekomendasikan eksportir yang memenuhi syarat kepada mereka. Tiga puluh negara dan dua organisasi internasional telah menandatangani perjanjian pembelian komersial dengan eksportir Tiongkok, termasuk masker, pakaian pelindung, dan reagen deteksi asam nukleat. Sementara itu, pembeli dari banyak negara sedang dalam tahap bernegosiasi dengan perusahaan Tiongkok.  

Hua Chunying mengatakan, "Dengan dimulainya kembali pekerjaan dan produksi perusahaan-perusahaan Tiongkok, perusahaan-perusahaan Tiongkok akan memberikan lebih banyak dukungan material bagi masyarakat internasional untuk mengatasi pandemi. Pemerintah Tiongkok juga akan terus memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan. Kami juga berharap dan menyambut perusahaan dari semua negara untuk memperkuat kerja sama dan bersama-sama menjaga stabilitas rantai industri alat kesehatan global. "      


Terkait

health

Coba Panasin Masker Dengan Rice Cooker, Bisa Bunuh Kuman, Lh...

  • Edwin Adriaansz
  • 24 Mar 2020

news

Tiongkok Dituduh Menimbun Masker N95 dan Alat Penanganan Pan...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 01 Apr 2020

technology

Sinopec Tingkatkan Produksi Bahan Baku Masker

  • Nabila Caya
  • 01 Apr 2020

health

Ke Gym di Shanghai Harus Pakai Masker? Kok repot, sih?

  • Nabila Caya
  • 01 Apr 2020

news

Masker dari Tiongkok Tiba di Prancis, Dikawal "Seperti Menja...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 01 Apr 2020

health

Bagaimana Menghindari Jerawat Akibat Pakai Masker Kelamaan?

  • Olivia Dian
  • 03 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong