Baca dalam 3 menit

Konflik Apa Saja yang Dihadapi Tiongkok Saat Ini? Berikut Rangkuman Lengkapnya!

Waktu Publish : 02 Jun 2020, 10:29 WIB
SHARE ARTIKEL

Konflik Apa Saja yang Dihadapi Tiongkok Saat Ini? Berikut Rangkuman Lengkapnya!

Konflik yang Terjadi di Tiongkok - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Dalam setahun terakhir, Tiongkok telah terlibat dalam berbagai perselisihan diplomatik di berbagai bidang, mulai dari permusuhan dengan Amerika Serikat, reaksi keras atas pembuatan undang-undang keamanan nasional baru Hong Kong, sengketa perbatasan dengan India, Laut Tiongkok Selatan serta kritik atas penanganan COVID-19. Dilansir dari laman reuters.com, berikut adalah beberapa konflik yang sedang ditangani oleh Tiongkok saat ini:

AMERIKA SERIKAT
Dari perselisihan tentang perdagangan dan teknologi, hingga kritik AS atas wabah virus COVID-19 dan tuduhan Tiongkok atas dukungan AS dalam protes di wilayah Hong Kong, hubungan antara kedua negara dengan perekonomian terbesar dunia ini berada pada titik terendah dalam beberapa dekade.

HONGKONG
Rencana Tiongkok untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong memicu protes dari AS dan ketidaksetujuan dari ibu kota negara Barat lainnya. Mantan penguasa kolonial kota tersebut, Inggris, mengatakan bahwa pihaknya akan menawarkan perpanjangan hak visa kepada pemegang paspor nasional Inggris di luar negeri dari Hong Kong.

VIRUS COVID-19
Beberapa negara, termasuk AS dan Australia, menyerukan agar Tiongkok dimintai pertanggungjawaban atas penanganan awal virus COVID-19 yang muncul akhir tahun lalu di kota Wuhan. Tiongkok juga menghadapi kritik pedas atas apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai "pembohongan diplomasi virus".

TAIWAN
Tiongkok telah meningkatkan tekanan diplomatik dan militer terhadap Taiwan, dan berusaha membujuk Taiwan untuk menerima pemerintahan Tiongkok. Namun, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (蔡英文) telah menolak Tiongkok dengan mengatakan bahwa hanya orang-orang Taiwan yang dapat menentukan masa depan negara Taiwan.

INDIA
Tiongkok dan India terlibat dalam pertikaian militer di perbatasan mereka yang dipersengketakan sejak 2017. Para tentara di wilayah terpencil, Ladakh, menuduh satu sama lain atas pelanggaran batas wilayah yang berujung pada konflik.

Konflik Apa Saja yang Dihadapi Tiongkok Saat Ini? Berikut Rangkuman Lengkapnya!

Konflik Perbatasan Tiongkok-India di Ladakh - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

XINJIANG
Tiongkok telah dikritik oleh Washington dan wilayah lain atas perlakuannya terhadap etnis Muslim Uighur di wilayah Xinjiang. Bulan lalu, Dewan Perwakilan Rakyat AS menyetujui undang-undang yang menyerukan sanksi pada pejabat yang bertanggung jawab atas penindasan warga Uighur.

HUAWEI
Amerika Serikat telah meningkatkan kekhawatiran keamanan atas peralatan yang disediakan oleh raksasa telekomunikasi Tiongkok, Huawei. AS memperingatkan bahwa orang yang menggunakan Huawei akan berisiko menjadi korban mata-mata intelijen. Bulan lalu, AS memblokir pasokan chip global ke Huawei yang menyangkal bahwa peralatannya menimbulkan risiko pencurian informasi.

KANADA
Hubungan Tiongkok dengan Kanada tegang sejak Kanada menangkap eksekutif Huawei Meng Wanzhou (孟晚舟) pada akhir 2018. Segera setelah itu, Tiongkok menahan dua orang Kanada dan memblokir impor biji kanola. Meng kalah dalam keputusan pengadilan bulan lalu dalam perjuangannya melawan ekstradisi ke Amerika Serikat.

UNI EROPA
Pada pekan lalu, para menteri luar negeri Uni Eropa sepakat untuk memperkuat strategi mereka terhadap Tiongkok guna melawan diplomasi Tiongkok yang semakin tegas sebagai keprihatinan atas kasus Hong Kong. Uni Eropa merasa frustasi kepada Tiongkok atas akses pasar yang terbatas bagi perusahaan-perusahaannya di Tiongkok, di mana juga berusaha memblokir laporan Uni Eropa yang menuduh Tiongkok menyebarkan disinformasi tentang wabah COVID-19.

AUSTRALIA
Bulan lalu, Tiongkok membebankan tarif impor gandum dari Australia yang merupakan eskalasii terbaru di antara mereka. Hubungan keduanya memburuk pada tahun 2018 ketika Australia melarang Huawei dari jaringan broadband 5G-nya, dan Tiongkok marah akan seruan Australia untuk melakukan penyelidikan independen terhadap COVID-19.

LAUT TIONGKOK SELATAN
Tiongkok memiliki klaim yang tumpang tindih dengan negara lain di Laut Tiongkok Selatan yang kaya akan sumber daya alam dan juga merupakan rute perdagangan penting dengan Filipina, Brunei, Vietnam, Malaysia, dan Taiwan. Amerika Serikat menuduh Tiongkok memanfaatkan isu pandemi COVID-19 untuk meningkatkan kekuatannya di wilayah perairan.*

Sumber: reuters.com

Terkait

culture

Cerita Mahasiswa Indonesia Jalankan Ibadah Puasa dan Hari Ra...

  • Lupita
  • 13 May 2021

technology

Global Young Leaders Dialogue Diluncurkan, Ada Opsi Bahasa M...

  • Lupita
  • 05 May 2021

health

Vaksin Corona Sinovac Diuji di Eropa, Begini Hasil Awalnya

  • Lupita
  • 05 May 2021

news

Hujan Badai Melanda 8 Provinsi di China

  • Djono W. Oesman
  • 04 May 2021

business

Ini Dia Pameran Produk Konsumen China, Dihadiri 1.200 Merek ...

  • Lupita
  • 04 May 2021

news

Festival Belanja 5.5 Shanghai Picu Konsumsi Melalui E-Commer...

  • Lupita
  • 03 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong