Lama Baca 2 Menit

China akan Genjot Konstruksi Internet "Dual-Gigabit"

26 May 2023, 13:51 WIB

China akan Genjot Konstruksi Internet
Foto yang diabadikan pada 12 Desember 2022 ini menunjukkan 5G+ Smart Factory dalam Pameran Perdagangan Digital Global (Global Digital Trade Expo) pertama di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur. (Xin Hua/Xu Yu)

BEIJING, 26 Mei (Xinhua) -- Tiongkok baru-baru ini merilis sebuah pedoman untuk mempercepat pembangunan internet "dual-gigabit", yang mengacu pada jaringan 5G dan jaringan optik gigabit.

Sembari memperkuat pemeliharaan fasilitas telekomunikasi pedesaan, Tiongkok akan mendukung kerja sama antarsektor dan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan ketersediaan jaringan tersebut, sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh 14 lembaga negara, termasuk Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok.

Tiongkok juga akan mempromosikan layanan lintas jaringan untuk roaming 5G, memperluas cakupan jaringan optik gigabit, dan menggenjot aktivitas pembangunan serta berbagi publik untuk infrastruktur telekomunikasi pedesaan, sebut pedoman itu.

Tiongkok membuat kemajuan yang stabil dalam konstruksi internet. Data terbaru dari kementerian tersebut menunjukkan bahwa hingga akhir April, jumlah stasiun basis 5G di negara itu telah mencapai 2,73 juta, mencakup 24,5 persen dari total stasiun basis mobile.

Hingga akhir tahun lalu, jaringan optik gigabit Tiongkok telah mampu menjangkau lebih dari 500 juta rumah tangga, menurut kementerian tersebut.  Selesai