Golden Week di China, Inilah Jadwal Pameran di Beijing dan Shanghai

logo clock 9 Menit logo clock 06-10-2020, 10:47

Pilihan Pameran untuk Golden Week China - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Selama liburan Hari Nasional Tiongkok, museum dan galeri seni di seluruh negeri menyusun berbagai suguhan budaya. Dilansir dari CGTN, berikut beberapa pameran mewah dan atraksi seni di Beijing dan Shanghai yang dapat dijadikan pilihan untuk menemani Anda selama liburan. Ayo jalan-jalan bersama dan nikmati wisata budaya.

Beijing

Museum Istana (故宫博物院, The Palace Museum)

Juga dikenal sebagai Kota Terlarang, Museum Istana telah lama menjadi salah satu atraksi budaya dan landmark utama Beijing. Tiket ke Museum Istana populer setiap hari libur, tetapi tahun ini, menurut laporan berita, tiket untuk liburan Hari Nasional telah terjual lebih awal.

Pameran terbaru di Museum Istana sangat menarik, termasuk "Tampilan Baru Keramik Kekaisaran" di Istana Kebajikan Agung (景仁宫, Palace of Great Benevolence), "Pameran Khusus Lukisan dan Kaligrafi Su Shi (苏轼) di Koleksi Museum Istana" di Aula Kecemerlangan Sastra (文华殿, Hall of Literary Brilliance), dan pameran khusus tentang "Enam Abad di Kota Terlarang" di Gerbang Meridian (午门, Meridian Gate), memperlihatkan perkembangan dan perubahan Museum Istana dalam 600 tahun terakhir dari berbagai sudut.

"The Special Exhibition on the Paintings and Calligraphy of - Image from CGTN

Karena pameran yang luar biasa ini, tiket di Museum Istana telah terjual habis selama liburan Hari Nasional, tetapi pengunjung masih dapat pergi ke museum setelah waktu puncak liburan untuk menikmati dan belajar sebelum pameran berakhir. "Pameran Khusus Lukisan dan Kaligrafi Su Shi (苏轼)" akan ditutup pada 30 Oktober 2020. Pengunjung dapat memesan tiket terlebih dahulu di situs resmi.

Untuk mencegah kepadatan berlebih, Museum Istana mengumumkan pada 5 Oktober 2020 bahwa semua tiket untuk liburan Hari Nasional telah terjual habis, dan tiket di tempat tidak akan tersedia. Anda dapat memilih tur panorama online di situs web Museum Istana.

Informasi:

Pameran: Pameran Khusus Lukisan dan Kaligrafi Su Shi (苏轼) di Koleksi Museum Istana

Tanggal: 1 September 2020-30 Oktober 2020 (Tutup setiap Senin)

Tempat: Hall of Literary Brilliance (Wenhua dian) di Museum Istana

Instruksi:

Kunjungi hanya dengan reservasi, pengunjung dapat memesan tiket online terlebih dahulu dan menghindari jam sibuk. Kenakan masker setiap saat.

Pusat Seni Kontemporer UCCA (Center for Contemporary Art)

Dari 15 Agustus hingga 29 November 2020, UCCA mempersembahkan "Elizabeth Peyton: Practice", pameran tunggal pertama seniman di Tiongkok.

Seorang tokoh dalam lukisan figuratif kontemporer, karya Elizabeth Peyton memanfaatkan pengetahuannya yang mendalam tentang seni modern - dari Manet hingga Warhol - sambil tetap terhubung dengan Amerika akhir abad ke-20. Pamerannya "Practice" di UCCA di distrik seni 798 Beijing menyatukan gambar dan lukisan dari 30 tahun karirnya, dengan fokus khusus pada dekade terakhir.

Potret Hanyu Yuzuru karya Elizabeth Peyton di UCCA - Image from CGTN

Di antara 40 potret, mudah untuk menemukan wajah-wajah yang sudah dikenal: Napoleon, Ratu Elizabeth II, dan sekelompok seniman termasuk Matthew Barney, David Hockney, Dali, dan Hanyu Yuzuru.

Pameran sudah dibuka hampir dua bulan, tapi ‘panas’nya masih ada. Bahkan bagi pemirsa Tiongkok, lukisan Peyton yang khas dan kuat membawa orang lebih dekat kepada selebriti yang telah memengaruhi budaya pop di zaman modern.

"Bagi saya, yang lebih istimewa tentang itu karena setiap dari karyanya, seperti dapat merasakan tangan seniman. Anda hampir bisa melihat setiap sapuan kuas. Terutama  pada saat ini ketika lebih sulit untuk bepergian, sangat menyegarkan untuk melihat hal itu datang dalam kehidupan kita, dan bidang visi kita" Philip Tinari, Direktur Pusat Seni Kontemporer UCCA, mengatakan kepada CGTN.

Informasi:

Pameran: Elizabeth Peyton: Practice

Tanggal: 15 Agustus 2020-29 November 2020 (Tutup setiap Senin)

Tempat: Galeri Sentral & Galeri Baru, Pusat Seni Kontemporer UCCA, Jalan Jiuxianqiao No. 4, Distrik Chaoyang, Beijing, Tiongkok

Instruksi:

Tidak ada permintaan reservasi, pengunjung dapat memesan tiket secara online terlebih dahulu dan menghindari jam sibuk. Kenakan masker setiap saat.

Shanghai

Museum Seni Bund One (Bund One Art Museum)

Pada sore hari, 16 September 2020, pameran "Impression Sunrise oleh Claude Monet" dibuka di Bund One Art Museum. Antrian panjang terbentuk di depan gedung neoklasik berusia 110 tahun itu karena banyak orang mencoba melihat sekilas karya seni Monet.

Pameran bertema "Impression Sunrise" ini menampilkan 47 karya. Ini adalah pertama kalinya lukisan "Impression, Sunrise" Monet dibawa ke Shanghai, bersama dengan mahakaryanya yang lain termasuk "London Charing Cross Bridge", "The Sailing Boat, Evening Effect", "Camille on the Beach in Trouville" dan banyak lagi - semuanya dari Marmottan Monet Museum of Paris.

"Impression Sunrise" oleh Claude Monet - Image from CGTN

Pameran ini juga secara kreatif mengadopsi metode proyeksi teknis untuk menciptakan area pameran pengalaman interaktif ringan. Selain pameran lukisan ternama dunia, terdapat lebih dari 100 jenis turunan seni budaya dan kreatif serta katalog pameran eksklusif.

Tidak diperlukan reservasi untuk pameran. Pengunjung dapat membeli tiket secara online terlebih dahulu. Namun, menurut pemberitaan media sebelumnya tentang popularitas pameran tersebut, jumlah pengunjung selama Golden Week tidak sedikit.

Informasi:

Pameran: Impression Sunrise oleh Claude Monet

Tanggal: 17 September 2020 - 3 Januari 2021 (10:00 - 17:30)

Tempat: Museum Seni Bund One, No. 1 Zhongshan East Road 1 Distrik Huangpu, Shanghai

Instruksi:

Tidak ada permintaan reservasi, pengunjung dapat memesan tiket secara online terlebih dahulu dan menghindari jam sibuk. Kenakan masker setiap saat.

Museum Shanghai (上海博物馆, Shanghai Museum)

Bersama Asian Civilizations Museum of Singapore, Museum Shanghai mempersembahkan pameran "The Baoli Era: Treasures from the Tang Shipwreck Collection (Harta Karun dari Koleksi Bangkai Kapal Tang)" dalam rangka peringatan 30 tahun hubungan diplomatik antara Republik Rakyat Tiongkok dan Singapura tahun 2020.

Bangkai kapal Tang berasal dari pedagang dhow yang dulu berlayar antara Tiongkok dan dunia Arab di sepanjang rute Jalur Sutra maritim selama abad ke-9. Kapal itu tenggelam di lepas pantai Pulau Belitung di Indonesia, dengan muatan kapal penuh muatan Tang yang terdiri dari keramik ekspor, cermin emas, perak dan perunggu.

Poster pameran - Image from CGTN

Kapal akhirnya muncul kembali setelah terdampar di bawah air selama lebih dari satu milenium. Bangkai kapal itu, seperti kapsul waktu, mempertahankan kemegahan perdagangan maritim antara Timur dan Barat pada abad ke-9 dan menjadi saksi nenek moyang pelaut Asia yang membuat sejarah maritim yang gemilang.

Pameran ini debut di Tiongkok dari Koleksi Bangkai Kapal Tang. Untuk pertama kalinya, koleksi tunggal artefak Dinasti Tang (618-907) terbesar yang ditemukan di luar Tiongkok telah dikunjungi.

Pameran ini tidak hanya memberi pengunjung gambaran sekilas tentang kehidupan yang indah dan budaya yang terbuka dan inklusif dari Dinasti Tang, tetapi juga menguraikan pertukaran yang ramai di sepanjang Jalur Sutra Maritim 1.200 tahun yang lalu.

Di antara 248 kelompok peninggalan budaya yang dipamerkan, tidak hanya 168 buah harta karun kapal karam yang datang jauh-jauh dari Singapura, tetapi juga koleksi Museum Shanghai dan 80 benda peninggalan budaya yang dipinjam dari sembilan lembaga di Tiongkok.

Informasi:

Pameran: Era Baoli: Harta Karun dari Koleksi Bangkai Kapal Tang

Tanggal: 15 September 2020-10 Januari 2021 (Tutup pada hari Senin)

Tempat: Shanghai Museum No.2 Exhibition Hall (2F)

Instruksi:

Kunjungi hanya dengan reservasi, pengunjung dapat memesan tiket online terlebih dahulu dan menghindari jam sibuk. Kenakan masker setiap saat. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Pameran Pariwisata China-ASEAN Expo Bakal Digelar di China Selatan

 

logo clock 28-10-2020, 13:22
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Universitas China Terima Lebih Banyak Siswa Penyandang Disabilitas

 

logo clock 28-10-2020, 13:19
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Lestarikan Warisan Audiovisual di Hari Warisan Audiovisual Sedunia

 

logo clock 28-10-2020, 12:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Program Baca Bahasa Mandarin Pertama untuk Anak-Anak Diluncurkan

 

logo clock 28-10-2020, 12:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kursus Online Tampilkan Pesona Wayang Kulit China

 

logo clock 28-10-2020, 12:02
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral