Pengajuan Kartu Jaminan Sosial Elektronik China Capai 200 Juta Lebih

logo clock 6 Menit logo clock 09-10-2020, 06:34

Kartu Jaminan Sosial Elektronik - Image from CCTV

Beijing, Bolong.id - Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial baru-baru ini, pada akhir Juni 2020, jumlah pemegang kartu jaminan sosial secara nasional mencapai 1,315 miliar. Dan jumlah pengajuan kartu jaminan sosial elektronik melebihi 200 juta.

Dengan kata lain, satu dari tujuh pemegang kartu jaminan sosial telah mengajukan permohonan kartu jaminan sosial elektronik pada saat yang bersamaan. Selain itu, aplikasi pembayaran seluler untuk kartu jaminan sosial elektronik telah dibuka di 189 wilayah di 26 provinsi.

Kartu jaminan sosial elektronik adalah sertifikat elektronik yang valid untuk aplikasi online kartu jaminan sosial. Kartu ini memiliki korespondensi one-to-one dengan kartu jaminan sosial fisik. Kartu ini dikeluarkan dan dikelola oleh platform layanan kartu jaminan sosial nasional dan dapat digunakan secara nasional.

Pada April 2018, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial mengeluarkan kartu jaminan sosial elektronik terpadu nasional yang pertama. Bagaimana kartu jaminan sosial elektronik digunakan dalam dua tahun terakhir? Apa saja kemudahannya?

Kartu Jaminan Sosial Elektronik Tiongkok - Image from Xinhua

Lebih dari 370 saluran layanan online

Setelah dua tahun pengembangan, kartu jaminan sosial elektronik telah beroperasi di berbagai kota di seluruh negeri. Platform layanan pemerintah nasional dan 17 platform layanan pemerintah provinsi telah merealisasikan pendaftaran dan login cepat kartu jaminan sosial elektronik.

Selain itu, lebih dari 370 saluran layanan online seperti aplikasi resmi dan program kecil telah dibuka untuk memfasilitasi akses warga ke layanan mata pencaharian terkait yang dibawa oleh kartu jaminan sosial elektronik.

Menurut Song Jingyan (宋京燕), Wakil Direktur Pusat Informasi Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, saat ini, layanan kartu jaminan sosial elektronik telah dibuka secara luas di aplikasi sumber daya manusia dan jaminan sosial di berbagai tempat, termasuk aplikasi dan applet platform layanan urusan pemerintah Tiongkok, aplikasi klien Dewan Negara dan aplikasi Handheld 12333 telah membuka layanan di semua wilayah. Bank nasional Tiongkok seperti Alipay, WeChat, pembayaran cloud flash, city accounts, industri, pertanian, konstruksi dan sebagainya telah membuka layanan di sebagian besar negara.

Kartu jaminan sosial elektronik memiliki sistem keamanan yang ketat, yang secara efektif dapat menjamin keamanan bisnis online melalui otentikasi nama asli, pengguna asli dan kartu asli.

Tentu saja, munculnya kartu jaminan sosial elektronik bukan berarti fungsi kartu fisik melemah. Penanggung jawab Kartu Jaminan Sosial Elektronik Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial menyatakan bahwa kartu jaminan sosial fisik merupakan dasar dari semua fungsi. Ini adalah tujuan kerja departemen sumber daya manusia dan jaminan sosial untuk menghubungkan ruang lingkup aplikasi kartu fisik dan kartu elektronik, dan membiarkan orang memilih untuk menggunakannya secara mandiri.

Pengajuan Kartu Jaminan Sosial Elektronik China Capai 200 Juta Lebih - Image from CCTV

38 pelayanan umum nasional telah dibuka

Untuk memenuhi kebutuhan aplikasi ponsel, fungsi unik Kartu Jaminan Sosial Elektronik seperti kode pemindaian dan login akan ditambahkan.

Setelah diterima, halaman layanan dari kartu jaminan sosial elektronik dapat digunakan untuk mewujudkan permintaan kartu jaminan sosial, permintaan jaminan sosial, transfer hubungan jaminan sosial, penghitungan pensiun, sertifikasi kualifikasi perawatan, pembayaran dan layanan lainnya.

Kartu jaminan sosial elektronik membawa layanan teritorial dan layanan nasional. Di tingkat layanan nasional, kartu jaminan sosial elektronik berkolaborasi dengan berbagai platform layanan publik asuransi nasional. Saat ini, kartu jaminan sosial elektronik telah membuka 38 layanan umum nasional, meliputi pengurusan sertifikat ketenagakerjaan dan kewirausahaan, pencatatan pengangguran, penghitungan pensiun, hasil pemeriksaan tenaga profesional dan teknis, dll.

Selain layanan umum nasional, kartu jaminan sosial elektronik juga mengintegrasikan sejumlah layanan lokal, seperti "Urusan Provinsi Guangdong (粤省事)", "Kantor Zheli (浙里办)", dan 16 platform layanan pemerintah provinsi lainnya serta platform layanan pemerintah tingkat prefektur lainnya telah terhubung dengan kartu jaminan sosial elektronik. Beberapa kota telah mengeksplorasi penggunaan kartu jaminan sosial elektronik untuk memasuki taman, meminjam buku, dan mengendarai mobil.

Selama epidemi, kartu jaminan sosial elektronik juga mendukung layanan bisnis "tanpa muka (不见面)". Melalui platform terintegrasi, kartu ini menyediakan layanan bagi pekerja migran untuk kembali bekerja, kode informasi kesehatan pencegahan epidemi, verifikasi informasi kesehatan, pertanyaan kebijakan dan layanan lainnya untuk membantu pekerja migran kembali bekerja dan melanjutkan kerja dengan cepat.

Namun, banyak netizen yang masih meragukan "Penggunaan Umum Nasional (全国通用)”. Sehubungan dengan hal tersebut, menurut E-Government Office Kantor Umum Dewan Negara dan Kantor Umum Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial yang dikeluarkan untuk "Pemberitahuan Mengandalkan Platform Layanan Pemerintah Online Terpadu Nasional untuk Mempromosikan Penerapan Kartu Jaminan Sosial", akan dilakukan sebelum akhir tahun 2020. Mempromosikan aplikasi berbagi sertifikat elektronik dari kartu jaminan sosial dalam platform terintegrasi, mengintegrasikan aplikasi online dan offline dari kartu jaminan sosial, dan menyadari bahwa kartu jaminan sosial dapat mendukung bisnis terkait di dalam provinsi (wilayah, kota) dan lintas provinsi, sebagaimana dilansir dari CCTV. (*)







Penulis : Isna Fauziah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

China Luncurkan Laboratorium Bergerak COVID-19

 

logo clock 25-10-2020, 15:11
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Penjelajah Lunar China Tempuh Jarak 565,9 Meter di Sisi Jauh Bulan

 

logo clock 25-10-2020, 13:47
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Italia Memveto Kesepakatan 5G antara Fastweb dan Huawei China

 

logo clock 24-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Berkat Trump, Ponsel Baru Huawei Mungkin Jadi Edisi Terbatas

 

logo clock 23-10-2020, 10:38
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing

 

logo clock 22-10-2020, 10:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral