Baca dalam 3 menit

Ilmuwan Tiongkok Mengembangkan Probiotik Selama Lebih dari 20 tahun

Waktu Publish : 15 Apr 2020, 19:49 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilmuwan Tiongkok Mengembangkan Probiotik Selama Lebih dari 20 tahun

Probiotik - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

"Probiotik memiliki efek pada sistem kekebalan manusia yang telah dikonfirmasi oleh banyak ahli dan lembaga penelitian klinis." Chen Wei ( 陈卫 ), akademisi dari Akademi Teknik Cina ( 中国工程院 ) dan profesor di Sekolah Ilmu Teknologi Pangan di Universitas Jiangnan ( 江南大学食品学院) , dan timnya adalah salah satu kelompok peneliti probiotik paling ahlia di Tiongkok. Sejauh ini, ia dan timnya telah mengajukan lebih dari 100 paten di bidang penelitian probiotik dan lebih dari 50 telah disahkan. Prestasi penelitiannya telah memenangkan hadiah kedua dari National Science and Technology Progress Award dan hadiah kedua National Technology Invention Award. 

"Tiongkok terlambat dalam memulai pengembangan dan pemanfaatan probiotik. Dulu, penelitian mikroba berfokus pada mutagenesis galur fermentasi dan peningkatan produksi metabolit, kurang memperhatikan fungsi fisiologis galur." kata Chen Wei. Chen Wei selama lebih dari 20 tahun ini mempunyai target untuk mengembangkan probiotik Tiongkok dan mengejar ketinggalan dari negara-negara maju, mempercepat pengembangan probiotik Tiongkok sendiri, serta memenuhi kebutuhan masyarakat akan nutrisi kesehatan. 

Pada akhir abad 20, risiko paparan logam berat meningkat karena pencemaran lingkungan. Chen Wei berpikir, dapatkah probiotik digunakan sebagai metode untuk mengurangi bahaya paparan logam berat pada tubuh manusia? Untuk tujuan ini, ia pun memimpin tim dan melakukan pemilihan adsorpsi spesifik dan toleran logam berat. Butuh lebih dari 5 tahun untuk memilih Lactobacillus plantarum CCFM8610 dengan pengurangan biologis kadmium, dan akhirnya memperoleh otorisasi paten di banyak negara seperti Tiongkok, Amerika Serikat, Kanada dan Australia. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kesehatan usus cukup menjadi perhatian, meningkatnya penelitian mikrobiologi usus juga telah menunjang pengembangan penelitian probiotik. Tim Chen Wei sejak lama sudah memperhatikan struktur dan komposisi mikroba usus pada populasi Tiongkok, mempelajari hubungan antara mikroba usus dan makanan, wilayah, gaya hidup, dll. Mereka juga mengembangkan strategi penyesuaian diet berdasarkan hal tersebut. Chen Wei mengatakan bahwa saat ini, timnya telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan susu, makanan, dan farmasi untuk mengembangkan beberapa inovasi untuk mempromosikan industri probiotik. Dalam pandangan Chen Wei, nilai pasar produk probiotik Tiongkok adalah ratusan miliar yuan. Pertumbuhan dan kekuatan industri probiotik harus mendorong integrasi penelitian dan industri probiotik sendiri. Untuk tujuan ini, tim Chen Wei berkomitmen untuk mengembangkan produk dan inovasi teknologi industri melalui inovasi kolaboratif dan berusaha untuk meningkatkan penerapan penelitian pada industri probiotik di Tiongkok.

Terkait

technology

Ilmuwan Tiongkok Mengembangkan Probiotik Selama Lebih dari 2...

  • Nabila Caya
  • 15 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong