Baca dalam 3 menit

Kualitas Radiasi Nuklir Tiongkok Terjaga Baik, Kesehatan Masyarakat Terjamin

Waktu Publish : 16 Apr 2020, 17:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Kualitas Radiasi Nuklir Tiongkok Terjaga Baik, Kesehatan Masyarakat Terjamin

Pembangkit nuklir - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Guo Chengzhan (郭承站), Pimpinan Bagian Pengawasan Keselamatan Fasilitas Nuklir dari Kementerian Ekologi dan Lingkungan (中国生态环境部核设施安全监管司), mengatakan bahwa situasi kemanan fasilitas nuklir di Tiongkok saat ini dalam keadaan stabil, kesehatan masyarakat dan keamanan lingkungan juga dapat dijamin efektif. “Tiongkok saat ini berada pada peringkat kedua di dunia, dalam hal jumlah total unit pembangkit tenaga nuklir pertama di dunia, dalam hal jumlah unit yang sedang dibangun. Pemanfaatan teknologi nuklir memang sangatlah luas dan situasi keselamatan nuklir dan radiasi secara keseluruhan juga tetap masih stabil.” Dalam hal keamanan radiasi, 146.000 sumber radioaktif dan 198.000 set perangkat sudah dikontrol dengan aman, dan insiden kecelakaan radiasi radioaktif tahunan selalu berada di bawah 1 per 10.000.  

Menurut laporan, Tiongkok telah membentuk "tiga jaringan", yaitu pemantauan kualitas lingkungan radiasi, pengawasan pemantauan radiasi di sekitar fasilitas nuklir utama, dan pemantauan darurat nuklir dan radiasi. Ada 1.597 titik pemantauan kualitas lingkungan radiasi tingkat nasional, di sekitar fasilitas nuklir utama. Ada 46 set sistem pemantauan pengawasan yang membentuk unit siaga darurat tiga tingkat unit operasi fasilitas nasional, provinsi, dan fasilitas nuklir. 

Dalam beberapa tahun terakhir, departemen ekologi dan lingkungan terus-menerus menerima keluhan, di antaranya berupa ulasan administrasi dan keluhan lain yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Chang Jiangguang ( 江光 ), Pimpinan Bagian Pengawasan Keselamatan Sumber Radiasi dari Kementerian Ekologi dan Lingkungan ( 生态环境部辐射源安全监管司 ), mengatakan bahwa dengan perkembangan ekonomi sosial Tiongkok yang semakin membaik, semakin banyak juga bermunculan fasilitas elektromagnetik, seperti: stasiun pangkalan komunikasi, jalur transmisi, dan gardu listrik yang dapat menarik perhatian publik dan berdampak atas lingkungan mereka. 

"Ada dua jenis radiasi, yang pertama adalah radiasi pengion, yang merupakan radiasi yang dihasilkan oleh zat radioaktif yang dapat menyebabkan ionisasi zat. Dosis radiasi pengion sangatlah besar dan dapat merusak kesehatan manusia. Kedua adalah radiasi elektromagnetik yang mengandung listrik," jelas Jiang Guang. Jiang Guang mengatakan bahwa, dibandingkan dengan standar dari Komite Internasional untuk perlindungan radiasi non ionisasi (ICNIRP) yang diikuti oleh kebanyakan negara di dunia, standar kualitas lingkunganTiongkok saat ini (GB 8702-2014) terlihat lebih ketat. Kesehatan dan keselamatan publik dapat dijamin, asalkan nilai batas dari standar yang sesuai juga terpenuhi.

Terkait

news

Kualitas Radiasi Nuklir Tiongkok Terjaga Baik, Kesehatan Mas...

  • Nabila Caya
  • 16 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong