Baca dalam 3 menit

Manusia Menjadi Penyebab Utama Kebakaran Xichang?

Waktu Publish : 03 Apr 2020, 15:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Manusia Menjadi Penyebab Utama Kebakaran Xichang?

Petugas Kebakaran Memadamkan Api di Sichuan - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Kebakaran Xichang telah menewaskan sejumlah 18 petugas pemadam kebakaran dan seorang pemandu, serta melukai tiga petugas pemadam kebakaran. Sebenarnya, apa penyebab kebakaran ini? Pada sore hari tanggal 1 April 2020, seseorang dari kantor pusat Biro Keamanan Publik Xichang mengungkapkan, bahwa ada atau tidaknya faktor manusia dalam kebakaran hutan tersebut, masih berada dalam tahap penyelidikan lebih lanjut.  

Petugas perlindungan hutan dan pencegahan kebakaran secara rutin memeriksa titik-titik di mana penduduk sering naik gunung. Warga hanya bisa naik gunung tanpa membawa pemicu api, tetapi beberapa tempat yang sangat kompleks, sehingga sulit dilakukan penjagaan. Saat ini para petugas telah memulai penyelidikan. Petugas keamanan publik telah mengumpulkan petunjuk dan mengirim polisi ke rumah sakit untuk melihat apakah ada orang yang terbakar atau orang-orang yang membeli obat. Saat ini, baik keamanan publik lokal dan keamanan publik hutan sedang bekerja sama menangani masalah ini. Sementara itu, terdapat pula kemungkinan kebakaran ini disebabkan oleh faktor alam, karena sudah 20 hari tidak ada hujan di Xichang.  

Pada sore hari tanggal 1 April 2020, Zhu Kang, wakil direktur Kantor Pemerintah kota Xichang, mengatakan bahwa kesulitan terbesar dalam memadamkan api adalah suhu tinggi dan angin kencang. Pada hari Rabu, Xichang tercatat memiliki suhu 30,4 ℃, dengan kecepatan angin 5-6 m/s dan kecepatan angin maksimum setiap jamnya 12-14 m/s. Hanya dalam satu jam, arah angin telah berubah 3-4 kali. Karena lereng gunung yang curam, helikopter juga dikerahkan dalam proses memadamkan api, tetapi kondisi untuk lepas landasnya malah menjadi sulit.  

"Diharapkan akan ada hujan buatan dalam tiga hari. Kami sangatlah khawatir kalau sampai terjadi kebakaran berikutnya. Kami telah mengeluarkan perintah untuk harus benar-benar mengawasi hal ini," kata Zhu. Xichang secara resmi mengumumkan bahwa semua kebakaran terbuka di Lushan secara perlahan telah padam. Namun, menurut laporan kebakaran yang diperoleh dari markas pertahanan di sana, ada sekitar 15 titik asap di Lushan, dan 1147 petugas pemadam kebakaran yang dibagi menjadi dua kelompok untuk membersihkan titik asap dan api telah diutus ke sana.

Terkait

news

Hutan di Lushan, Sichuan, Kebakaran Besar!

  • Aisyah Hidayatullah
  • 31 Mar 2020

news

Kebakaran di Tiongkok: Hampir 1500 Orang Dikirim untuk Memad...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 31 Mar 2020

news

Tidak Ada Hujan Selama Lebih dari 20 Hari, Sebelum Kebakaran...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 01 Apr 2020

news

Tiongkok: Keselamatan Pemadam Kebakaran Harus Diutamakan

  • Aisyah Hidayatullah
  • 01 Apr 2020

news

Manusia Menjadi Penyebab Utama Kebakaran Xichang?

  • Aisyah Hidayatullah
  • 03 Apr 2020

news

Tiongkok Perkuat Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan...

  • Nabila Caya
  • 09 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong