Baca dalam 3 menit

Pedesaan di Tiongkok Mulai Biasa Gunakan Teknologi Digital

Waktu Publish : 02 Apr 2020, 20:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Pedesaan di Tiongkok Mulai Biasa Gunakan Teknologi Digital

Aplikasi Datian Wulian - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Di tengah-tengah virus corona, serangkaian teknologi digital baru dengan cepat memasuki pedesaan, produksi dan gaya hidup petani, sehingga membuat gaya hidup mereka diam-diam berubah menjadi lebih baik, merangsang potensi baru yang sangat besar dalam pembangunan ekonomi pedesaan. Di balik "kesenjangan digital" antara daerah perkotaan dan pedesaan, ternyata masih banyak ruang besar untuk pembangunan di daerah pedesaan.

"Sekarang bekas pembajakan puluhan ribu hektar tanah semua ada di sini, di dalam aplikasinya bisa kelihatan. Kedalaman lapisan membajak, apakah ada pengulangan atau hasil membajak yang hilang sekilas, bisa terlihat jelas, lho." Zou Taihui, Kepala Bidang Inovasi Jiangxi Nanchang Technology and Agriculture Co, Ltd, menunjukkan aplikasi "Datian Wulian" di ponselnya dan mengatakan bahwa dengan aplikasi ini, kita dapat memonitor suhu tanah, kelembaban, cahaya dan pertumbuhan tanaman di lahan. Pengenalan teknologi digital baru tersebut, tidak hanya membantu petani mengatasi dampak pandemi, tetapi juga membuat produksi pertanian menjadi lebih ilmiah dan efisien.

Selain itu, penjualan online juga meningkat, hal tersebut membantu produk pertanian dari pedesaan menjadi lebih mudah untuk sampai ke perkotaan. Dalam sebuah siaran langsung jual-beli, orang banyak dapat melihat penjualan produk pertanian. Hanya dalam beberapa jam, jumlah penjualan pun mencapai 3.242.000 yuan (sekitar 7 miliar rupiah). Chen Weifeng, wakil kepala daerah Kabupaten Tonggu, Provinsi Jiangxi, yang baru mulai menjual barang secara online untuk pertama kalinya, merasa sangat tersentuh: "Di masa depan, kita dapat mempertimbangkan untuk membangun platform e-commerce yang menyeluruh, produk yang dijual tidak terbatas, dapat juga memasukkan produk khusus yang terkenal, produk pariwisata, produk perawatan kesehatan, dll.โ€

Menurut "Rencana Pengembangan Agrikultur Digital Pedesaan (2019-2025)", pada tahun 2025 nanti, tingkat penggunaan internet di pedesaan Tiongkok akan meningkat secara signifikan dari 38,4% pada 2018, menjadi 70%. Proporsi ekonomi digital pertanian dalam nilai tambah pertanian juga akan meningkat menjadi 15 %, sedangkan proporsi penjualan online produk pertanian dalam jumlah perdagangan produk pertanian akan mencapai 15%.

Terkait

technology

Jaringan 5G Jamah Puncak Gunung Everest!

  • Nabila Caya
  • 22 Apr 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong