Baca dalam 3 menit

Penyebaran Virus COVID-19 Terjadi 2 Hingga 3 Hari Sebelum Gejala Pertama Mulai Muncul

Waktu Publish : 17 Apr 2020, 19:53 WIB
SHARE ARTIKEL

Penyebaran Virus COVID-19 Terjadi 2 Hingga 3 Hari Sebelum Gejala Pertama Mulai Muncul

Batuk, salah satu gejala COVID 19 - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Penelitian terbaru dari tim di University of Hong Kong (香港大学) menunjukkan bahwa proses penyebaran virus pada pasien COVID-19 mungkin dimulai dari dua hingga tiga hari pertama, sebelum akhirnya munculnya gejala pertama. Para peneliti mengamati 94 pasien dengan COVID-19 dikonfirmasi yang dirawat di Rumah Sakit Rakyat Kedelapan Guangzhou, dan membuat model kemungkinan infeksi COVID-19 dari sampel terpisah dari 77 pasangan penular infeksi dan menemukan jumlah virus tertinggi ada pada lendir tenggorokan, waktu timbulnya gejala.

Mereka memperkirakan pelepasan virus pada pasien dengan COVID-19 dikonfirmasi banyak terjadi pada saat pertama timbul gejala atau bahkan sebelum timbulnya gejala, dan sebagian besar penularan mungkin terjadi sebelum gejala pertama. Tetapi, tim peneliti juga mengakui bahwa studi mereka memiliki beberapa keterbatasan, efektivitas langkah-langkah pengendalian juga tergantung pada beberapa faktor kunci, seperti interval serial (durasi antara timbulnya gejala kasus berurutan dalam rantai penularan) dan periode inkubasi (waktu antara infeksi dan timbulnya gejala).

Kriteria yang lebih inklusif untuk melakukan pelacakan kontak agar menangkap peristiwa penularan potensial dua hingga tiga hari sebelum timbulnya gejala harus dipertimbangkan untuk pengendalian wabah yang efektif.

Banner Kanan
Logo follow bolong