Baca dalam 3 menit

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping

Waktu Publish : 02 Apr 2020, 21:18 WIB
SHARE ARTIKEL

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping

Jokowi dan Xi Jinping Berbincang Via Telepon - Image from : Gambar ini berasal dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat langsung menghubungi kami

Pada tanggal 2 April 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping berbicara lewat telepon dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Xi Jinping mengatakan bahwa wabah COVID-19 saat ini telah terjadi di banyak negara termasuk Indonesia, dan atas nama pemerintah Tiongkok dan rakyat Tiongkok, Xi Jinping menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia. 

Tiongkok sekarang ini sedang keluar dari masa yang paling sulit saat terjadinya COVID-19 kemarin. Rakyat Tiongkok merasa, ingin berbagi kesulitan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia, serta bersedia memberikan dukungan untuk membantu mengatasi kesulitan Indonesia tersebut. Xi Jinping percaya, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia pastinya akan dapat mengatasi pandemi ini. Xi Jinping menekankan bahwa, dalam menghadapi pandemi, Tiongkok dan Indonesia haruslah saling bahu membahu, sebagai perwujudan persahabatan yang mendalam, di tengah-tengah badai yang sedang dilalui bersama sekarang ini karena virus corona. Tahun ini menandai peringatan ke-70 dari pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam pembangunan "Belt and Road”, dan mempromosikan pengembangan berkelanjutan dari kemitraan strategis komprehensif antar Tiongkok-Indonesia.

Xi Jinping menekankan bahwa epidemi ini merupakan tantangan yang juga sedang dihadapi oleh semua umat manusia. Komunitas internasional hanya dapat mengalahkan epidemi COVID-19 ini dengan cara menggabungkan kekuatan bersama-sama dan bersatu. Tiongkok dan Indonesia harus bekerja sama dengan erat untuk memperkuat peran G20 dan komunitas internasional dalam respon terhadap krisis dan tata kelola ekonomi global.

Tiongkok akan menjunjung tinggi konsep akan komunitas umat manusia dalam membangun masa depan, berbagi pengalaman untuk pencegahan dan pengendalian pandemi, memberikan dukungan, dan bekerja sama dengan negara-negara lain untuk memajukan kesehatan global dan manusia.

Jokowi menyatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, Rakyat TIongkok telah mencapai hasil yang sangat baik dalam perang melawan pandemi ini, hal tersebut harus dipelajari oleh negara-negara lain. Jokowi berterima kasih kepada Tiongkok atas bantuan materi dan dukungan medis yang telah mereka berikan untuk memerangi COVID-19 di Indonesia. Virus ini memang tidak mengenal batas dan merupakan musuh bersama umat manusia. Indonesia dengan tegas menentang stigma apa pun, dan bersedia bekerja sama dengan Tiongkok untuk mempromosikan solidaritas dan kerja sama internasional. Indonesia berharap untuk dapat memperdalam kerja sama dengan Tiongkok dan juga memperkuat hubungan bilateral di antara keduanya.

Terkait

health

Menguji Khasiat Jamu Jokowi dan Jamu Herbal Tiongkok Pencega...

  • Taufik Firmansah
  • 20 Mar 2020

news

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokow...

  • Edwin Adriaansz
  • 02 Apr 2020

news

Para Pemimpin Tiongkok dan Indonesia Bertukar Ucapan Selamat...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 13 Apr 2020

news

Hoaks, Kabar Kaesang Pangarep Dapat Uang Rp 200 Miliar dari ...

  • Edwin Adriaansz
  • 26 Apr 2020

news

DUTA BESAR TIONGKOK XIAO QIAN: INDONESIA SEGERA MENANG LAWAN...

  • Edwin Adriaansz
  • 06 May 2020

news

Setahun Kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin, Masa yang Berat A...

  • Isna Fauziah
  • 20 Oct 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong