Baca dalam 3 menit

Perusahaan E-commerce Tiongkok Sedang Perbanyak Lapangan Kerja

Waktu Publish : 22 Apr 2020, 21:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Perusahaan E-commerce Tiongkok Sedang Perbanyak Lapangan Kerja

Ilustrasi belanja dengan e-commerce - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Perusahaan e-commerce Tiongkok kini sedang meningkatkan upaya untuk menawarkan lebih banyak peluang kerja dalam upaya meminimalkan dampak pandemi COVID-19 pada sektor lapangan kerja dan untuk membantu perusahaan kecil dan menengah menghadapi kesulitan. Ele.me ( 饿了么 ) dan Koubei ( 口碑 ), perusahaan jasa lokal Alibaba, mengatakan akan menyediakan lebih dari 100.000 pekerjaan dalam bidang penyediaan makanan dan layanan lainnya untuk 832 kabupaten di seluruh Tiongkok dan membantu 20.000 kurir di 100 kabupaten. Langkah ini dilakukan setelah perusahaan mengumumkan pada bulan Februari bahwa mereka meluncurkan platform pembagian kerja untuk membantu karyawan restoran sementara beralih ke layanan pengiriman.

Pedagang yang terdaftar di Ele.me dan Koubei merekomendasikan peluang kerja kepada karyawan mereka, juga mengatur waktu secara fleksibel untuk menerima pesanan dan mengirimkan makanan untuk toko mereka sendiri, atau menjadi tukang sortir di supermarket dan toserba terdekat. Sejauh ini, lebih dari 10.000 karyawan restoran telah mendapat pekerjaan pengganti sementara. Selain itu, Ele.me dan Koubei mengumumkan akan memberdayakan 1 juta pedagang di platformnya untuk meningkatkan pelayanannya. Selain itu, mereka juga akan menawarkan 4.000 pelatihan online yang mencakup penyediaan makanan, logistik, dan manajemen usaha dalam tiga tahun ke depan untuk membina 10 juta staf yang terlibat dalam industri ini, sehingga dapat meningkatkan kapasitas operasional mereka dan kualitas pelayanan.

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial (人力资源和社会保障部) mengatakan, sektor jasa telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Sektor ini menyumbang 46 persen dari total lapangan kerja pada 2018, naik dari 40,6 persen pada 2014. Digitalisasi layanan lokal telah membantu menciptakan kelompok pekerjaan baru seperti pengemudi kurir, manajemen pengiriman, dan analis operasi. Perusahaan e-commerce melakukan upaya untuk mendorong metode ketenagakerjaan yang fleksibel, yang dapat mengurangi biaya tenaga kerja perusahaan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Dada Group ( 达达集团 ), perusahaan e-commerce terkemuka Tiongkok untuk usaha ritel dan pengiriman, mengumumkan bahwa mereka berencana untuk merekrut 17.000 kurir dan staf lainnya. Gelombang pertama perekrutan 10.000 kurir akan mencakup lebih dari 2.400 kota dan kabupaten di seluruh Tiongkok. Karyawan yang dipekerjakan selama waktu khusus akan menjalani proses orientasi dan diberi perlengkapan pelindung yang diperlukan seperti masker bedah. Mereka juga akan melakukan pemeriksaan suhu rutin untuk memastikan keamanan keseluruhan lingkungan kerja dan akan menerima asuransi terkait virus COVID-19.

Terkait

business

China akan Mengatur Sektor Live-Streaming dari Pemalsuan Jum...

  • Isna Fauziah
  • 14 Nov 2020

business

Ini Dia 10 Industri Teratas Tiongkok Berkat Platform Live St...

  • Della Shafira Putri
  • 12 Sep 2020

business

Ritel Online Tiongkok Saat COVID-19: Barang Pertanian Naik, ...

  • Della Shafira Putri
  • 01 Aug 2020

business

Semester Pertama 2020, E-Commerce Tiongkok Tembus 50 Miliar ...

  • Della Shafira Putri
  • 31 Jul 2020

business

Kementerian Perdagangan Tiongkok: Jumlah Pengguna Ritel Onli...

  • Della Shafira Putri
  • 31 Jul 2020

business

Montblanc Buka Toko Flagship Daring di Tmall

  • Isna Fauziah
  • 30 Jul 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong