Baca dalam 3 menit

Ini 10 Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Makan di Restoran Tiongkok!

Waktu Publish : 12 Jun 2020, 13:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Ini 10 Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Makan di Restoran Tiongkok!

Fakta tentang Makan di Tiongkok - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id – Setiap negara tentunya memiliki kebiasaan makan yang berbeda, begitu juga dengan Tiongkok. Mungkin Anda pernah mencicipi makanan Tiongkok di negara Anda. Seperti halnya di Indonesia, banyak restoran Tiongkok yang menyediakan menu-menu khas Tiongkok, dilengkapi dengan alat makan dan suasana yang mirip dengan di Tiongkok. Akan tetapi, semuanya pasti tetap saja berbeda jika dibandingkan dengan tempat aslinya. Jika Rekan Bolong sedang merencanakan perjalanan ke Tiongkok, wah harus tahu banget nih beberapa fakta tentang makan di Tiongkok ini!

1. Di Tiongkok orang selalu menggunakan sumpit untuk makan atau saat mengambil makanan.

2. Mie gandum adalah makanan pokok di Tiongkok Utara, orang sana menyukai gandum dan biasanya, selain mie gandum, kebanyakan orang di sana makan kue, roti kukus, dan roti isi. Sedangkan beras adalah makanan pokok di Tiongkok Selatan, orang selatan biasanya jarang makan gandum. Restoran di Tiongkok selatan juga menjual mie, tetapi biasanya mie yang terbuat dari beras.

3. Ketika makan bersama, nasi disajikan secara terpisah dalam mangkuk kecil. Hidangan daging atau sayur disajikan di piring atau mangkuk besar yang diletakkan di tengah meja untuk dibagikan ke semua orang. Tidak seperti di Indonesia, nasi, lauk dan sayur diletakkan dalam satu piring masing-masing.

4. Masakan Tiongkok sangatlah bervariasi, tiap daerahnya memiliki cita rasa sendiri. Ada banyak masakan daerah dengan rasa yang berbeda. Misalnya daerah Sichuan, yang terkenal dengan makanan pedasnya dan daerah Tiongkok Timur yang terkenal dengan makanan manisnya.

5. Restoran di Tiongkok biasanya akan menyediakan meja bundar untuk lebih dari empat orang. Lalu di sana diletakkan kaca yang bisa berputar di tengah meja untuk memudahkan pengunjung mengambil hidangan-hidangannya.

6. Bahan makanan di Tiongkok itu beragam dan terkadang bisa buat terkejut orang asing, contohnya seperti katak, telinga babi, usus, daging anjing, daging buaya dan lainnya.

7. Di atas meja di rumah makan atau restoran Tiongkok biasanya tidak akan ditemukan garam, merica, atau botol saus tomat. Tetapi Anda mungkin akan menemukan botol kecap, cuka, dan pasta cabai.

8. Beberapa restoran Tiongkok biasanya suasananya bisa sangat berisik dan banyak asap. Terkadang, orang tidak mau mengendalikan volume bicara mereka dan juga merokok seenaknya, tapi sekarang ada larangan merokok di tempat umum yang baru-baru ini telah diterapkan di beberapa daerah Tiongkok.

9. Apabila Anda makan di restoran Tiongkok, tidaklah perlu memberi tip untuk para pelayan restoran, karena biaya layanan sudah termasuk dalam harga makanannya.

10. Nama beberapa hidangan mungkin tidak ada hubungannya dengan bahan atau metode memasaknya. Orang Tiongkok biasa menamai hidangan mereka dengan kata-kata yang memiliki keberuntungan, penampilan makanan atau berdasarkan kisah yang melatarbelakangi hidangan tersebut. Bagi orang asing hal ini mungkin terdengar aneh, maka dari itu biasanya di restoran Tiongkok dalam daftar menu akan diberi gambar makanannya.

Terkait

news

Sambut Hari Anak Nasional, KBRI Beijing Kedatangan Siswa Chi...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

POTRET : Situs Makam Ming Xiaoling Peninggalan Dinasti Ming

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

culture

Situs Majiayao Saksi Peradaban Budaya Timur dan Barat

  • Lupita
  • 22 Jul 2021

culture

Legenda Barong Landung, Percampuran Budaya Bali dan China

  • Lupita
  • 19 Jul 2021

culture

Xi Jinping Mengajak Bersama-sama Lindungi Kekayaan Alam dan ...

  • Lupita
  • 18 Jul 2021

news

Fuzhou Pamerkan Seni Fotografi Warisan Budaya China

  • Lupita
  • 18 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2