Baca dalam 3 menit

Pantang Mundur! Tiongkok Luncurkan Maskapai Baru Meski Dilanda Krisis

Waktu Publish : 16 Jun 2020, 14:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Pantang Mundur! Tiongkok Luncurkan Maskapai Baru Meski Dilanda Krisis

China Eastern Airlines - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Hainan, Bolong.id - Tiongkok akan meluncurkan maskapai baru yang akan difokuskan untuk tujuan penerbangan ke Pulau Hainan. Jalur penerbangan baru dari China Eastern (中国东方航空) ini telah mendapai dukungan dari sejumlah mitra seperti agen perjalanan online terbesar di Tiongkok yaitu Trip.com. China Eastern juga didukung oleh pemerintah Juneyao Airlines ( 吉祥航空 ) yang berbasis di Shanghai. Maskapai baru ini nantinya akan bernama Sanya International Airlines (三亚国际航空).

Para mitra yang terlibat sangat berharap dapat memanfaatkan tren Pulau Hainan yang kini menjadi tujuan liburan yang populer bagi wisatawan Tiongkok. Tak hanya para mitra yang berharap demikian, presiden Tiongkok, Xi Jinping (习近平) pun juga sudah mengumumkan rencana untuk mengubah pulau Hainan menjadi zona perdagangan bebas terbesar. Untuk itu, Pemerintah Tiongkok telah membuat rencana untuk menurunkan tarif pajak penghasilan hingga 15% bagi individu maupun bagi perusahaan tertentu di Pulau Hainan, serta melonggarkan persyaratan visa untuk turis dan pelancong bisnis yang bepergian ke sana.

Terkait hal ini, Greg Waldron, redaktur urusan Asia di majalah FlightGlobal, mengatakan bahwa peluncuran resmi maskapai ini kemungkinan akan bergantung pada lalu lintas domestik Tiongkok dan situasi COVID-19 di regional Tiongkok. Selain itu, dalam persiapannya juga dibutuhkan waktu yang panjang dalam hal membangun maskapai maupun dalam hal merekrut personel. Apalagi di situasi pandemi seperti ini, banyak maskapai penerbangan yang terpaksa memberhentikan ribuan personel dan mengurangi operasi mereka.

Dikabarkan pada pekan lalu, International Air Transport Association (IATA) menyatakan bahwa industri maskapai penerbangan berpotensi merugi lebih dari $84 miliar atau sekitar Rp 1 triliun tahun ini. Namun, hal ini tidak membuat Tiongkok patah semangat. Pendiri China Market Research Group (CMR) (中国市场研究集团有限公司), Shaun Rein (小山) justru mengatakan bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk membangun maskapai baru yang berfokus di Pulau Hainan karena pemerintah sendiri sedang mendukung jual-beli bebas pajak dan kebebasan perjalanan di sana. Hal ini dilatarbelakangi oleh Tiongkok yang ingin lebih fokus pada pariwisata domestik mereka, terutama pada tempat-tempat yang iklimnya cenderung lebih panas seperti Hainan, Yunnan, dan Gansu.

Terkait

business

Bangun Pelabuhan Perdagangan Bebas di Hainan, Tiongkok Aloka...

  • Yohana Intan
  • 26 Jun 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong