Baca dalam 3 menit

Perusahaan Tiongkok Dikucilkan dari Pasar Keuangan AS, Apa Alasannya?

Waktu Publish : 16 Jun 2020, 16:55 WIB
SHARE ARTIKEL

Perusahaan Tiongkok Dikucilkan dari Pasar Keuangan AS, Apa Alasannya?

IIlustrasi Bendera AS-Tiongkok - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Committee on the Present Danger: China (CPDC) ( 当前危险问题委员会:中国 ) mendesak pemerintahan Trump untuk mengecualikan perusahaan Tiongkok dari pasar keuangan Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari laman Reuters, dalam surat tertanggal 11 Juni 2020, CPDC mendesak Menteri Keuangan, Steven Mnuchin untuk mengambil tindakan untuk mengawasi perusahaan telekomunikasi Tiongkok yang beroperasi di AS.

Selain itu, CPDC juga mendesak Mnuchin untuk mengesampingkan perusahaan-perusahaan Tiongkok yang tidak terdaftar atau diperdagangkan di bursa ekuitas dan utang AS, kecuali jika perusahaan tersebut mematuhi semua undang-undang AS yang relevan, sesuai standar akuntansi dan peraturan sektor keuangan lainnya. Selain dari CPDC, presiden AS, Donald Trump juga mendesak pihak terkait di pasar keuangan AS untuk mempelajari perusahaan-perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS dengan tujuan untuk melindungi investor AS. Hal ini dikarenakan perusahaan Tiongkok cukup rentan terhadap risiko yang merugikan investor AS, sebab mereka tidak tunduk pada aturan penyajian dan pengungkapan yang sama menurut AS.

Di surat CPDC, tercatat dalam laporan senat bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok dikecualikan dari pasar keuangan AS tahun lalu akibat aktivitas kotor yang mereka lakukan. Perusahaan- perusahaan itu antara lain adalah; China Telecom Americas, China Unicom Americas, ComNet, dan China Mobile.

Banner Kanan
Logo follow bolong