Baca dalam 3 menit

Siaga Perang, Tiongkok Siapkan Kapal Induk II 

Waktu Publish : 03 Jun 2020, 20:17 WIB
SHARE ARTIKEL

Siaga Perang, Tiongkok Siapkan Kapal Induk II

kapal induk. - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Beijing, Bolong.id - Setelah menyiagakan Nanchang yang merupakan kapal perang terbesar dan tercanggih milik Angkatan Laut Tiongkok saat ini, Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) dikabarkan turut menyiapkan Kapal Induk II Shandong untuk bersiaga. Kapal Induk yang menggunakan tenaga konvensional bukan tenaga nuklir tersebut nantinya akan bergabung ke dalam Angkatan Laut Pembebasan Rakyat.

Shandong sebelumnya lebih dikenal dengan nama Kapal Induk Tipe 001A. Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) lantas memberikan nama Shandong, yang terinspirasi dari salah satu nama provinsi di pesisir dekat dengan Beijing (北京).

Kapal Induk II Shandong telah memulai uji coba di laut pada tahun 2019 lalu dari pangkalannya di pelabuhan utara Dalian. Kapal Induk II Shandong juga sempat berlayar melewati Selat Taiwan yang dikenal “sensitif” dalam perjalanannya menuju latihan rutin di Laut Tiongkok Selatan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Xi Jinping (习近平) pada pekan lalu memutuskan untuk menaikkan anggaran pertahanan negara sebesar 6,6 persen ditengah pandemi Covid-19. Beberapa pihak mengatakan keputusan tersebut mengartikan bahwa Tiongkok mengawasi ancaman keamanan yang bertambah di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat (美国).

Banner Kanan
Logo follow bolong