Baca dalam 3 menit

Tiongkok Dikabarkan Akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia, HOAKS!

Waktu Publish : 01 Jun 2020, 18:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Tiongkok Dikabarkan Akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia, HOAKS!

Screenshot Berita Hoaks Xi Jinping - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Sempat beredar isu bahwa Tiongkok akan mengirimkan 250 juta tentara merah ke Indonesia. Namun, apakah pernyataan tersebut benar adanya? Dilansir dalam sebuah akun facebook dengan nama akun Dew, ia mengunggah sebuah pernyataan kepada grup GRESIK-SUMPEK dengan narasi "Ternyata benar kata Pak Prabowo. Tahun 2023 tidak akan ada lagi Indonesia.", di dalamnya juga terdapat gambar foto Xi Jinping (习近平) dengan bendera Tiongkoknya.

Ungkapan tersebut terbukti tidak benar. Selain karena tidak ada sumber valid yang menyatakan hal ini, hal ini juga dibuktikan dari sebuah laman facebook akun SS yang mengunggah tangkapan layar dari laman idtoday.co. Di dalam tangkapan layar tersebut dituliskan bahwa “ ADA HOAX YG DIBUAT OPOSISI DI GRUP SEBELAH. SEANDAINYA BENAR, TIONGKOK KIRIM TENTARA SEBANYAK PENDUDUK INDONESIA, TENTU KITA HABISLAH. GAK MIKIR!", tulis akun SS, Jumat, (29/05).

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata tangkapan layar yang dimuat oleh akun SS dan juga Dew merupakan editan dari laman idtoday.co, Rabu (27/05), yang berjudul "Peringatan Keras Xi Jinping pada Dunia, Tiongkok Siap Perang". Isi artikel tersebut adalah mengenai Xi Jinping (习近平) yang siap tingkatkan kekuatan militernya sebagai tanggapan atas tuduhan bahwa Tiongkok adalah penyebab pandemi COVID-19. Hal ini menyatakan kesiapan perang Tiongkok melawan negara-negara lainnya. Isi dari laman tersebut juga menjelaskan tentang penyebab Tiongkok yang ingin tingkatkan kekuatan militernya. Selain karena merasa geram, karena terus disalahkan sebagai dalang pandemi, Tiongkok juga diperhadapkan dengan masalah perbatasan dengan India, UU Keamanan Nasional Hong Kong, isu Taiwan, dan ingin saling unjuk kekuatan militer dengan AS di Laut Tiongkok Selatan.

Sumber: depok.pikiran-rakyat.com, cirebon.pikiran-rakyat, medcom.id, idtoday.co

Banner Kanan
Logo follow bolong