Baca dalam 3 menit

Wah, Tiongkok Hukum Weibo Karena Ganggu Komunikasi Online!

Waktu Publish : 11 Jun 2020, 16:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Wah, Tiongkok Hukum Weibo Karena Ganggu Komunikasi Online!

Weibo - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Pada hari Rabu (10/6/2020) kemarin, badan hukum yang mengatur infrastruktur internet di Tiongkok memerintahkan platform media sosial Sina Weibo untuk menonaktifkan beberapa fitur-fiturnya selama satu minggu.

Pengawas internet, Cyberspace Administration of China (CAC; 国家互联网信息办公室) juga mengatakan dalam sebuah postingan di akun WeChat-nya bahwa pihaknya telah menegur Weibo karena "mengganggu ketertiban komunikasi online, menyebarkan informasi ilegal dan masalah lainnya".

Menurut CAC, Weibo perlu berhenti memperbarui daftar yang menunjukkan pencarian paling populer dan topik yang sedang dibahas dalam platform tersebut selama seminggu, dimulai pada hari Rabu (10/6/20) kemarin. Pihaknya juga telah meminta cabang Beijing untuk mendenda Weibo.

CAC mengatakan bahwa pelanggaran tersebut terkait dengan kasus yang melibatkan seseorang bermarga Jiang, namun pihak CAC tidak memberikan penjelasan lebih lanjut. Tidak jelas siapa yang dihukum karena peristiwa "mengganggu" tersebut. Namun, dilansir dari laman reuters.com, hal ini terjadi setelah hubungan perselingkuhan eksekutif senior Alibaba Group dengan seorang influencer media sosial terkemuka menyebar di antara pengguna Sina Weibo pada bulan April 2020 lalu, beberapa di antara pengguna pada saat itu mengeluhkan bahwa postingan mereka disensor. Eksekutif tersebut, Jiang Fan (蒋凡), kemudian diturunkan jabatannya setelah diadakan sebuah penyelidikan internal.

Terkait

technology

Tencent Weibo Resmi Ditutup: Pengguna Sudah Tak Dapat Masuk

  • Isna Fauziah
  • 29 Sep 2020

culture

Troye Sivan Memasukkan Cover Akustik Khusus di Platform Stre...

  • Della Shafira Putri
  • 20 Aug 2020

news

Weibo PM India Dihapus, Pasca Puluhan Aplikasi Tiongkok Dibl...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 02 Jul 2020

news

Seorang Wanita Rela Terjang Banjir Demi Kerja di Guizhou, Wa...

  • Oki
  • 17 Jun 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong