Baca dalam 3 menit

Twice Hingga HyunA Diblokir dari TikTok Tiongkok, Kenapa Ya?

Waktu Publish : 18 Jul 2020, 12:40 WIB
SHARE ARTIKEL

Beberapa Akun Idol K-POP Ini Diblokir dari TikTok Tiongkok - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Seoul, Bolong.id - Beberapa akun bintang-bintang K-pop telah diblokir dari Douyin (抖音) yang merupakan aplikasi TikTok di Tiongkok, dilansir dari Reuters pada hari Jumat (17/7/2020). Itu beberapa hari setelah regulator media Korea Selatan mendenda TikTok atas ketidakpatuhan terhadap privasi data pengguna.

Regulator komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu (15/7/2020) mendenda TikTok Pte Ltd, penerbit aplikasi, senilai KRW186 juta (sekitar Rp2,28 miliar) karena mengumpulkan informasi pribadi anak di bawah 14 tahun tanpa persetujuan dari wali dan gagal mengungkapkan atau memberitahu saat mengirimkan informasi pribadi ke luar negeri.

TikTok pun diminta untuk menyerahkan langkah-langkah pencegahan secara sukarela dalam waktu 30 hari, dan regulator berencana untuk melanjutkan diskusi dengan TikTok tentang masalah keamanan informasi.

Beberapa akun bintang-bintang K-Pop seperti Rain, TWICE, Mamamoo dan HyunA kemudian diblokir dari di Douyin (抖音) pada hari Jumat (17/7/2020). Douyin (抖音) dan TikTok beroperasi secara independen, dan akun idol K-Pop tersebut pun bekerja dengan normal pada aplikasi TikTok.

Sementara agensi resmi dari bintang-bintang K-Pop tersebut hingga saat ini belum memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah ini.

TikTok dan Douyin (抖音) keduanya merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance (字节跳动). TikTok, salah satu platform digital yang memiliki pertumbuhan paling cepat, telah mendapat sorotan tajam dalam masalah penanganan data pengguna. Sebelumnya, India melarang TikTok dan aplikasi Tiongkok lainnya pada bulan Juni. Sementara Douyin (抖音) tidak tersedia di toko aplikasi di luar daratan Tiongkok.

Sementara itu, pada kuartal pertama 2020, Douyin (抖音) telah diunduh sebanyak 196,6 juta kali, sekitar 9,7% dari total lebih dari 2 miliar unduhan TikTok, menurut data dari

Di sisi lain, konser K-Pop, pariwisata dan bisnis Korea Selatan pernah dihantam keras oleh boikot yang dilakukan Tiongkok pada tahun 2017 setelah Seoul mengerahkan sistem pertahanan rudal buatan AS terlepas dari keberatan Beijing. Harapan untuk mencairkan hubungan kedua negara pun tumbuh pada awal tahun ini di tengah rencana kemungkinan kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping (习近平) ke Seoul. (*)

Terkait

news

Korsel Baru Saja Uji Coba Rudal Balistik Model Baru

  • Della Shafira Putri
  • 27 Jul 2020

news

Korsel Segera Buka Jalur Penerbangan ke Taiwan Lagi

  • Aisyah Hidayatullah
  • 20 Jul 2020

news

Tiongkok Beri Penghormatan Pada Veteran Perang Korea

  • Aisyah Hidayatullah
  • 05 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong