Baca dalam 3 menit

Dubes Tiongkok Ucapkan Selamat, Nyanyi Bengawan Solo Peringati HUT RI Ke-75

SHARE ARTIKEL

Dubes Xiao Qian dengan Staf Kedutaan Tiongkok di Indonesia lainnya - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - 17 Agustus 2020, menandai peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Xiao Qian (肖千), Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia melalui akun resmi Facebook kedutaan mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia.

Duta Besar Xiao Qian (肖千) dalam ucapan salamnya mengatakan, “Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, saya atas nama semua kolega Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, dan menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok dan Indonesia.”

Dalam video berdurasi kurang dari tiga menit tersebut, Xiao juga memuji bahwa Indonesia memiliki sejarah yang panjang, dan peradaban yang cerah, rakyat Indonesia pun sangat rajin dan cerdas. Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, rakyat Indonesia telah mencapai keberhasilan luar biasa dengan ekonominya yang terus berkembang, masyarakatnya stabil dan negaranya semakin kuat. 

Sementara itu, tahun ini juga menandai peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Tiongkok dengan Indonesia. Tiongkok menyatakan kesediaan dalam menjalin kerjasama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi dan menciptakan lebih banyak kesejahteraan bagi rakyat di kedua negara.

Selain itu, Xiao Qian  (肖千) dengan beberapa staf Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia menyanyikan lagu tradisional Indonesia “Bengawan Solo” dalam bahasa Indonesia, dan membuat video musik untuk menyampaikan harapan atas dirgahayu RI serta kebahagiaan dan kesehatan rakyatnya.

“Bengawan Solo” adalah lagu tradisional Indonesia yang sangat akrab di telinga masyarakat Tiongkok dan Indonesia. Duta Besar Xiao beserta sebagian diplomat kedutaan menyanyikan lagu ini untuk mengucapkan selamat atas peringatan HUT Ke-75 RI, dan juga bertujuan untuk menyampaikan apresiasinya atas keberanian dan ketekunan rakyat Tiongkok dan Indonesia yang bergotong-royong dalam melawan pandemi COVID-19, dan berharap Indonesia dapat mengalahkan pandemi dengan sesegera mungkin. (*)

Terkait

international

Tiongkok Ajak Rakyatnya Untuk Melawan Gerakan Separatis "Kem...

  • Nabila Caya
  • 24 Jun 2020

national

HUT RI Ke-75: Sinergi Indonesia Maju yg dipimpin oleh Ketua ...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 18 Aug 2020

national

HUT RI Ke-75: BI Luncurkan Uang Khusus Pecahan 75 Ribu

  • Aisyah Hidayatullah
  • 17 Aug 2020

international

HUT RI Ke-75: Upacara Peringatan Kemerdekaan Tahun Ini Disia...

  • Bolong team
  • 18 Aug 2020

national

Dubes Tiongkok Ucapkan Selamat, Nyanyi Bengawan Solo Peringa...

  • Aisyah Hidayatullah
  • 18 Aug 2020

international

Sebarkan Kemerdekaan HK, Guru Ini Diberhentikan

  • Isna Fauziah
  • 07 Oct 2020
Logo follow bolong