Sejarah Hari Ini: Kota Terlarang Pertama Kalinya Dibuka Untuk Umum

logo clock 3 Menit logo clock 10-10-2020, 13:03

Kota Terlarang Pertama Kalinya Dibuka Untuk Umum - gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Pada 10 Oktober 1925, masyarakat biasa di Beijing akhirnya dapat berjalan-jalan santai di Kota Terlarang. Misteri kehidupan kaisar yang sangat tertutup bagi para warga biasa perlahan-lahan menghilang. 

Semua orang kini bisa berjalan di halaman luas Kota Terlarang yang merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan sejak Dinasti Ming sampai akhir Dinasti Qing, antara 1420 hingga 1924. Bayangan mengenai bagaimana kaisar dan anggota keluarganya memerintah sebuah kerajaan pun dapat terlihat di sini.

Pada Oktober 1924, Feng Yuxiang (冯玉祥) melancarkan kudeta di Beijing. Pada tanggal 4 November, rapat kabinet Huang Fu (黄郛) memutuskan untuk mengubah kondisi perlakuan preferensial untuk tempat tersebut. Pada tanggal 5 November, Lu Zhonglin (鹿钟麟), panglima tertinggi garnisun ibu kota dan pengawas Politik Pusat Beijing, mengumumkan bahwa Puyi, kaisar terakhir Dinasti Qing, akan diperintahkan untuk meninggalkan istana pada hari itu. 

Setelah itu, Komite Pembersihan dibentuk dengan Li Yuying (李煜瀛) sebagai ketuanya. Badan tersebut bertanggung jawab untuk menginventarisir berbagai barang dan artefak di Kota Terlarang, mendaftarkan dan memilahnya, serta mempersiapkan pendirian Museum Istana atau The Palace Museum (故宫博物院).

Pada tanggal 10 Oktober 1925, Museum Istana Beijing mengadakan upacara pembukaan di depan Istana Qianqing. Terdapat lebih dari 50 ribu pengunjung yang menghadiri acara itu. Upacara tersebut dipimpin oleh Zhuang Yunkuan (庄蕴宽), dan Li Yuying (李煜瀛) sebagai ketua panitia setelahnya, memberikan laporan tentang pendirian Museum Istana Beijing. 

Komite Rehabilitasi Dinasti Qing juga memberitahu mengenai pendirian Museum Istana dan mengumumkan kepada orang-orang yang hadir bahwa mulai hari ini dan seterusnya, tempat ini menjadi milik setiap warga negara. (*)

Penulis : Aisyah Hidayatullah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Film Dokumenter Perang Korea Tayang di CCTV sampai Jumat

 

logo clock 22-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Keren... Blazer Merk China Ini Sedang Tren

 

logo clock 22-10-2020, 14:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diterbitkan, Buku tentang Guru dan Mahasiswa Shanghai Terjebak Lockdown di Kampus

 

logo clock 22-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral, Video Siswa Menari Tiru Lukisan Dinding Gua Mogao

 

logo clock 22-10-2020, 13:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Ditemukan di Bagian Barat Laut China

 

logo clock 22-10-2020, 10:08
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral