Baca dalam 3 menit

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, China Tampil di 61 Cabor

Waktu Publish : 02 Feb 2021, 09:52 WIB
SHARE ARTIKEL


Siswa bermain hoki es selama liburan musim dingin - Gambar diambil dari berbagai sumber. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami.

Beijing, Bolong.id - Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 bakal menampilkan 109 cabang olahraga (Cabor). Itu lebih dari dua kali lipat dibanding olimpiade yang sama sebelumnya di Pyeong Chang, Korea Selatan 2018.

Berdasarkan peraturan, Tiongkok akan mengikuti 61 dari 109 cabor, sementara sisanya akan ditentukan melalui poin peringkat, sebuah usaha yang menantang. Dilansir dari CGTN pada Minggu (31.01.2021)

Dibandingkan dengan dominasinya di Olimpiade Musim Panas dalam hal perolehan medali, China tidak terlalu bersinar di Olimpiade Musim Dingin.

China mulai berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin pada 1980, 56 tahun setelah edisi pertama berlangsung. Baru pada tahun 1992 China memenangkan medali musim dingin pertamanya dengan speed skater Ye Qiaobo meraih perak di nomor 500 meter putri.

Hasil terbaik China sampai saat ini datang di Vancouver 2010, dengan lima medali emas dalam 11 medali.

Relatif kuat di es tetapi lemah dalam acara salju, seluncur cepat trek pendek adalah sorotan, dengan total 10 dari 13 medali emas, dan menyumbang 33 dari total 62 medali negara itu.

China juga memenangkan satu medali emas masing-masing dalam speed skating, figure skating, dan ski gaya bebas.

Hasilnya tidak mengherankan karena sekitar sepertiga acara Olimpiade Musim Dingin belum banyak dipraktikkan di China sebelum 2015. Tetapi negara itu ingin membalikkan keadaan pada tahun 2022 dengan meluncurkan program percontohan untuk menaturalisasi atlet, selain meningkatkan pelatihan untuk atlet domestik dan mengundang staf pelatih asing untuk mengembangkan kumpulan bakat.

Beberapa atlet naturalisasi dalam skating dan ski gaya bebas dipandang sebagai pesaing kuat untuk memperebutkan medali, dengan pemain ski ajaib berusia 17 tahun Gu Ailing, berasal dari AS, menjadi favorit emas di Olimpiade Musim Dingin Beijing mendatang.

Partisipasi massal dalam olahraga musim dingin

Otoritas pusat telah meluncurkan cetak biru nasional untuk industri olahraga musim dingin untuk memperkaya aktivitas es dan salju massal, menerapkan strategi "memperluas ke utara, barat, dan timur," mempromosikan perluasan olahraga es dan salju selama empat musim, dan berjuang untuk mencapai tujuan yang melibatkan 300 juta orang dalam olahraga es dan salju, dengan 650 gelanggang skating dan setidaknya 800 resor ski yang siap pada tahun 2022.

Olimpiade telah memicu antusiasme yang tak tertandingi untuk olahraga musim dingin di antara orang-orang di negara ini.

Pada 2002, Tiongkok hanya memiliki 130 resor ski dengan 2 juta pengunjung tahunan, sedangkan pada 2019, terdapat 880 resor ski di seluruh negeri dengan 20 juta pemain ski domestik, meningkat 6,1 persen dari tahun sebelumnya.

Distrik Chongli Kota Zhangjiakou di Provinsi Hebei telah dipilih untuk menyelenggarakan sebagian besar acara ski di Olimpiade Musim Dingin 2022. Ini telah membangun tujuh resor ski skala besar dengan total 169 jalur ski, mempertahankan total panjang 162 kilometer.

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah membantu memperdalam kerja sama antara taman ski dan sekolah karena bertujuan untuk menambahkan olahraga musim dingin ke dalam kurikulum 5.000 sekolah pada tahun 2025.

Setiap musim dingin sejak 2014, Distrik Yanqing di barat laut Beijing, daerah pegunungan pinggiran kota yang akan menjadi tuan rumah pegunungan Alpen. kompetisi ski, bobsleigh dan luge selama Olimpiade, telah menawarkan kursus ski untuk sekitar 3.000 pelajar lokal di resor ski. Pada akhir 2019, lebih dari 16.000 siswa telah tercakup oleh proyek tersebut.

Kurangnya hujan salju di Tiongkok dianggap sebagai masalah utama, tetapi gelanggang es yang menjamur dan resor ski dalam ruangan telah membuat olahraga musim dingin tidak lagi menjadi kemewahan bagi orang-orang di provinsi timur laut yang membeku. Pada 2018, Tiongkok memiliki 31 resor ski dalam ruangan, dibandingkan dengan tujuh pada tahun 2015.

Remaja di tempat yang jauh lebih hangat di seluruh negeri, seperti di Shanghai timur dan Shenzhen di selatan, memiliki akses lokal ke sesi pelatihan reguler untuk skating, hoki es, dan olahraga musim dingin lainnya. Bahkan sejauh Tengchong, sebuah daerah perbatasan di Provinsi Yunnan, China barat daya, baru-baru ini menyelenggarakan kejuaraan hoki es nasional.

Industri olahraga musim dingin berkembang pesat

Meski masih dalam tahap awal, pasar es dan salju Tiongkok diperkirakan mencapai 1 triliun yuan ($ 156 miliar) pada tahun 2025, menurut rencana nasional.

Ukuran pasar ski China pada tahun 2022 diperkirakan mendekati 26 miliar yuan - meningkat lebih dari 480 persen selama 2015.

Olahraga musim dingin yang terlibat juga menguntungkan pasar di berbagai sektor, seperti perjalanan, hotel, perlengkapan ski, dan pakaian ski.

Sebuah laporan oleh agen perjalanan online terkemuka China Ctrip dan Akademi Pariwisata China mengungkapkan bahwa jumlah turis salju mencapai 197 juta selama musim dingin 2017-2018, mencatat peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 16 persen, sementara pendapatannya sama. periode naik 22 persen mencapai 330 miliar yuan.

Berdasarkan laporan tersebut, sektor peralatan olahraga musim dingin China bertujuan untuk meraup penjualan lebih dari 20 miliar yuan setiap tahun pada tahun 2022, tumbuh rata-rata lebih dari 20 persen tahun ke tahun.

Ini adalah angka yang sangat besar untuk industri yang sebenarnya tidak ada 20 tahun yang lalu. Meskipun pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung menghalangi perkembangan jangka pendek olahraga musim dingin di China, sektor ini akan mendapatkan lebih banyak popularitas dalam jangka panjang. (*)

Alifa Asnia/Penerjemah



Terkait

lifestyle

Daftar 12 Negara yang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Pial...

  • Lupita
  • 16 Jun 2021

news

Tidak Biasa! Sejumlah Pria Lansia Atraksi 'bak Atlet

  • Lupita
  • 05 Jun 2021

health

Tai Chi, Bisa Kecilkan Pinggang

  • Djono W. Oesman
  • 04 Jun 2021

news

Tailing Umumkan Telah Jadi Mitra Resmi Tim Atletik Nasional ...

  • Nurul Diah
  • 03 Jun 2021

lifestyle

Rencana Bangun Kota Sepak Bola, Tahun 2025 China Akan Punya ...

  • Lupita
  • 31 May 2021

news

Komite Penyelenggara Kenalkan 18 Tindakan dengan Tujuan Olim...

  • Nurul Diah
  • 28 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong