Baca dalam 3 menit

Xi Jinping Temui Perwakilan Misi Luar Angkasa Chang'e-5

Waktu Publish : 23 Feb 2021, 17:41 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Kunjungan Xi Jinping - Image from Xinhuanet.com

Beijing, Bolong.id – Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan perwakilan ilmuwan dan insinyur luar angkasa yang berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan misi bulan Chang'e-5 di Aula Besar Rakyat di Beijing.

Dilansir dari Xinhuanet pada Selasa (23/02/21), Xi, juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) dan ketua Komisi Militer Pusat, juga mengunjungi pameran tentang sampel bulan yang dibawa kembali oleh penyelidikan Chang'e-5 dan pencapaian eksplorasi bulan Tiongkok.

Xi menekankan, untuk mempromosikan semangat eksplorasi bulan dan memberikan keuntungan penuh untuk memanfaatkan sistem baru yang mengumpulkan sumber daya dan kekuatan nasional untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan melayani pembangunan negara secara keseluruhan.

Selain itu, menekankan memulai perjalanan eksplorasi antarplanet baru selangkah demi selangkah, mempromosikan pengembangan inovatif dari tujuan eksplorasi luar angkasa Tiongkok, dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk penggunaan ruang damai untuk manusia.

Li Keqiang, Li Zhanshu, Wang Yang, Wang Huning, Zhao Leji, dan Han Zheng, semua anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral BPK, juga menghadiri acara tersebut.

Xi berbincang hangat dengan beberapa perwakilan dan berfoto bersama dengan semua.

Xi mengatakan bahwa keberhasilan misi Chang'e-5 menandai berakhirnya program eksplorasi bulan tiga langkah yang terdiri dari mengorbit, mendarat di bulan, dan kembali dengan sampel.

Ini merupakan pencapaian penting lainnya dalam mengatasi kesulitan dengan memanfaatkan keuntungan dari sistem baru pengumpulan sumber daya dan kekuatan nasional. Ini adalah tonggak penting dalam pengembangan usaha luar angkasa Tiongkok.

Xi menyampaikan ucapan selamat kepada mereka yang telah berpartisipasi dalam program eksplorasi bulan Tiongkok selama 17 tahun terakhir.

Dia mengatakan bahwa mereka telah menyerukan semangat eksplorasi bulan untuk mengejar impian, berani untuk mengeksplorasi, bekerja sama dalam mengatasi kesulitan dan kerja sama yang saling menguntungkan, dan telah mencapai ketinggian baru dalam sains dan teknologi.

Memperhatikan bahwa menjelajahi alam semesta yang luas adalah impian bersama umat manusia, Xi mendesak penerapan fase keempat dari program eksplorasi bulan Tiongkok.

Xi menyerukan untuk memberikan permainan penuh untuk keuntungan dari sistem baru yang mengumpulkan sumber daya dan kekuatan nasional, meningkatkan inovasi independen, memperkuat perencanaan keseluruhan dan bekerja lebih keras untuk mempromosikan pengembangan inovatif ilmu ruang angkasa Tiongkok, teknologi luar angkasa, dan aplikasi luar angkasa.

Ia juga menekankan secara aktif melakukan kerjasama internasional dan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kesejahteraan umat manusia.

Sejak program eksplorasi bulan secara resmi disetujui, enam misi eksplorasi telah diselesaikan. Misi Chang'e-5 adalah proyek luar angkasa sistemik paling rumit di Tiongkok yang membutuhkan teknologi paling beragam. Pada 17 Desember 2020, kapsul kembalinya wahana Chang'e-5 membawa kembali sampel pertama negara itu dari benda luar angkasa, meletakkan dasar yang kuat untuk eksplorasi bulan dan planet Tiongkok di masa depan. (*)

Terkait

news

Penjelajah Zhurong Mulai Melintasi Medan Kompleks di Mars

  • Visco Joostensz
  • 30 Jul 2021

news

China Temukan 24 Orang Terinfeksi Corona pada 13 Juli 2021

  • Djono W. Oesman
  • 30 Jul 2021

business

Industri Game China Alami Peningkatan Lebih Dari 330 Triliun...

  • Esy Gracia
  • 30 Jul 2021

lifestyle

Pecah Rekor, Tim Renang Estafet Putri China Menang Medali Em...

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021

china

Wabah COVID-19 di Nanjing Dikaitkan dengan Varian Delta

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021

china

Kalahkan Prancis, Tim Basket 3 on 3 Putri China Raih Perungg...

  • Visco Joostensz
  • 29 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2