Baca dalam 3 menit

Satelit Mars Tiongkok Tianwen-1 Kini di Posisi 3 Juta Km dari Bumi

SHARE ARTIKEL

Personel Beijing Aerospace Control Center (BACC) Lakukan Pengoreksian pada Tianwen-1 - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Dilansir dari Global Times, satelit Mars Tiongkok Tianwen-1 berhasil melakukan koreksi orbital pertamanya pada Sabtu (1/8/2020) pukul 7 pagi waktu setempat, setelah 3.000 N (Newton)  mesinnya bekerja selama 20 detik, dan terus menuju Mars. 

Tianwen-1, satelit Mars pertama Tiongkok menyelesaikan koreksi tengah pertamanya pada Minggu (2/8/20). Koreksi ini memungkinkan Tianwen-1 untuk terus menuju Planet Merah secara akurat, menurut China National Space Administration (CNSA).



Tianwen-1 - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Pada saat proses, satelit ini telah menempuh waktu jalan sekitar 230 jam. Waktu ini menandakan saat ini Tianwen-1 berlokasi 3 juta kilometer dari bumi, dengan semua sistem dilaporkan berjalan normal. Memastikan stabilitas jangka pendek Tianwen-1 pada orbitnya ke Mars adalah salah satu proses koreksi satelit ini.

Tiongkok berhasil meluncurkan satelit Mars pertamanya, Tianwen-1, melalui roket pembawa Long March-5 Y4 dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, Tiongkok Selatan ke dalam orbit, yang direncanakan pada 23 Juli lalu.



Personel Beijing Aerospace Control Center (BACC) Lakukan Pengoreksian pada Tianwen-1- Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Satelit Tianwen-1 Mars Tiongkok diperkirakan akan mencapai medan gravitasi Mars pada Februari 2021 mendatang, menandakan waktu yang diperlukan sekitar tujuh bulan setelah peluncuran.

Jika berhasil, Tianwen-1 akan menjadi satelit ekspedisi Mars pertama yang mengorbit, mendarat dan menjelajahi Mars dalam satu misi tunggal dalam sejarah umat manusia. (*)

Terkait

technology

Satelit Mars Tiongkok Tianwen-1 Kini di Posisi 3 Juta Km dar...

  • Della Shafira Putri
  • 03 Aug 2020
Logo follow bolong