Baca dalam 4 menit

Penemuan Situs Budaya Neolitik Longshan di Jincheng

Waktu Publish : 11 Nov 2021, 13:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Penemuan Situs Budaya Neolitik Longshan - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Dilansir dari 山西日报 Rabu (10/11/21), bahwa tim arkeologi Tiongkok menemukan situs Shitamachi di barat daya Desa Xiading, Kabupaten Zezho., Tepatnya di tepi barat Sungai Changhe, anak sungai Qin, dengan luas lebih dari 100.000 meter persegi.

Temuan itu berupa situs aktivitas manusia dari Periode Budaya Longshan Neolitikum sekitar 4000 tahun lalu.

Berdasarkan beberapa potongan tembikar yang dikumpulkan pada waktu itu, awalnya dinilai bahwa itu adalah situs pada periode Longshan dan diberi nama situs Xiamachi, tetapi ruang lingkup situs dan konotasi budayanya terbatas.

Untuk bekerja sama dengan proyek utama provinsi proyek rekonstruksi Jalan Tol Jinyang, pada bulan Juni tahun ini, dipimpin oleh Institut Penelitian Arkeologi Provinsi dan departemen peninggalan budaya kota dan kabupaten, penggalian arkeologi yang diselamatkan dilakukan dalam proyek konstruksi yang melibatkan situs Xiamachi di Zezhou.

Area penggalian situs Shitamachi adalah 2.000 meter persegi, dibagi menjadi wilayah timur dan barat. Di setiap wilayah, berdasarkan kondisi pembebasan lahan, disusun 10 kotak eksplorasi berukuran 10 meter x 10 meter.

Wu Junhua, direktur dan peneliti asosiasi dari Institut Penelitian Budaya Jin dari Institut Penelitian Arkeologi Provinsi, mengatakan kepada wartawan bahwa pada tahap awal penggalian, departemen peninggalan budaya telah melakukan eksplorasi arkeologi di area perluasan di sepanjang rute, dan 92 sisa lubang abu ditemukan di kedua sisi jembatan di Jalan Tol Xiamachicun.

"Setelah lebih dari 4 bulan kerja keras, pekerjaan arkeologi sekarang dalam tahap akhir. Seluruh situs telah membersihkan 150 lubang abu, 2 tempat pembakaran tembikar, 8 kuburan lubang tanah gua vertikal, 1 pemakaman guci dan 1 situs rumah. Era mencakup Yangshao, Miaoer, Longshan, Erlitou, Zhou Timur dan periode lainnya. Di antara mereka, periode Longshan adalah yang paling melimpah, dan konotasi budaya dari situs tersebut pada dasarnya dipahami."

Sedangkan jenis peninggalan yang digali antara lain gerabah, perkakas batu, dan perkakas tulang. Di antara mereka, gerabah adalah jenis utama. Peralatan termasuk pot, pot, guci, mangkuk, mangkuk, kacang, botol dengan dasar tajam, roda pemintal, dll.

Dihiasi dengan pola tali, pola benang, pola ukiran, permukaan polos, dll. Alat-alat batu meliputi sekop batu, pisau batu dan sebagainya. Selain itu, ada sejumlah kecil spikula dan sebagainya. Spesies tulang hewan terutama termasuk rusa, babi, anjing, domba dan sebagainya. Diantaranya, ada sekitar 50 spesimen gerabah lengkap yang dapat direstorasi, dan lebih dari 130 spesimen gerabah kecil. Jumlah total spesimen tembikar mendekati 1.000.

Wu Junhua mengatakan bahwa untuk waktu yang lama, fokus arkeologi di Shanxi selatan. Pekerjaan arkeologi di bagian tenggara Shanxi, terutama daerah Jincheng, telah dilakukan relatif sedikit.

Pekerjaan penyelamatan dan perlindungan peninggalan budaya bawah tanah di area konstruksi adalah pertama kalinya dalam sejarah Jincheng untuk melakukan pekerjaan penggalian arkeologi. Telah terungkap situs pemukiman manusia purba sekitar 4000 tahun yang lalu, yang memberikan peluang besar untuk mempelajari proses peradaban prasejarah di Jincheng.

Bukti material yang obyektif dan terperinci berhasil membangun rangkaian lengkap budaya prasejarah di wilayah ini, mengisi celah dalam karya arkeologi situs periode Longshan di daerah Jincheng. (*)

Terkait

culture

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Natal di China

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

news

Asrama Pembangkit Listrik Mingtai Terbakar, 8 Tewas 5 Luka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

news

Jalur KA Cepat Laos-China Dibuka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

lifestyle

6 Lokasi Wisata Menarik di Hangzhou

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

technology

Produksi Garam Tanah, China Teliti Tanaman yang Tahan Garam

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong