Lama Baca6 Menit

Album Baru Jay Chou Hits setelah 6 Tahun hiatus

25 January 2023, 12:28 WIB

Album Baru Jay Chou Hits setelah 6 Tahun hiatus-Image-1
Papan reklame di London mempromosikan "Karya Seni Terbesar" - JVR Music

Taipei, Bolong.id - Album baru penyanyi pop Taiwan, Jay Chou (周杰倫) bertajuk "Karya Seni Terbesar" (最偉大的作品), laku di pasar, setelah Jay enam tahun hiatus (istirahat).

Menurut MyMusic, album terbaru Chou menempati posisi teratas dari 10 album Mandarin teratas dalam hal rasio klik-tayang di platform musik online Taiwan pada 2022.

MyMusic, dijalankan oleh penyedia layanan telekomunikasi Taiwan Mobile Co., mengatakan meskipun album berisi 12 lagu dirilis oleh Sony Music hanya enam bulan sebelum akhir tahun lalu, album itu masih menarik perhatian pasar dan memenangkan hati banyak penggemar di tahun tersebut. .

Dilansir dari Focustaiwan.tw Selain popularitasnya di platform musik virtual, album ini juga terjual 5 juta kopi di China selama minggu pertama setelah debut pada 15 Juli, memecahkan rekor penjualan single-region yang dibuat oleh penyanyi dan penulis lagu Inggris Adele "25", yang terjual. 3,38 juta eksemplar dalam minggu pertama di AS pada tahun 2015, kata outlet berita bisnis hiburan Variety.

Di pasar asalnya Taiwan, album terbaru Chou terjual 200.000 kopi dalam minggu debutnya, menurut Variety.

Menurut Six Tone, publikasi dari Shanghai United Media Group, video musik Chou untuk judul lagu album "Karya Seni Terbesar", mewakili "penghormatan kepada beberapa artis paling terkenal dan karya mereka dalam seni modern."

Video musik, yang difilmkan di Eropa, sebagian besar di Paris, membawa Chou, yang mengenakan tuksedo dan memegang tongkat ajaib, kembali ke tahun 1920-an, di mana dia bertemu dengan beberapa artis seperti seniman surealis Spanyol Salvador Dali, pelukis Prancis Claude Monet dan bahkan penyair Cina Xu Zhimo (徐志摩). Selain itu, Chou juga melawan pianis Tiongkok modern Lang Lang (郎朗) dalam video tersebut.

Judul lagu mendemonstrasikan gaya khusus Chou yang menggabungkan musik lama dan modern dalam satu lagu, yang juga ditunjukkan dalam karya sebelumnya, termasuk Qing Hua Ci (青花瓷), atau porselen biru-putih di Tiongkok kuno, di album kedelapannya "On Lari!" (我很忙), dirilis pada November 2007.

Setelah video musik "Karya Seni Terbesar" memulai debutnya pada awal Juli, video tersebut memperoleh hampir 10 juta penayangan di YouTube hanya dalam dua hari, menurut kantor berita pasar seni global 24 jam Artnet News.

"Karya Seni Terbesar" adalah album ke-15 oleh bintang Taiwan ini setelah album self-titled pertama -- "Jay" -- yang memasuki pasar pada November 2000.

Dengan perilisan "Jay," Chou memulai karirnya sebagai penyanyi pop dengan musiknya diakui tidak hanya di Taiwan dan China tetapi juga Hong Kong, Malaysia, Singapura, Indonesia, Korea Selatan dan Jepang, menurut richpersons.com, yang memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai US $ 85 juta pada tahun 2022.

Chou, 44, juga seorang penulis lagu, terkenal karena membuat lagu untuk dirinya sendiri serta penyanyi populer lainnya, seperti diva pop Taiwan Jolin Tsai (蔡依林), penyanyi Jody Chiang (江蕙), grup pop S.H.E yang terdiri dari Selina, Hebe dan Ella, and Hong Kong dibintangi oleh Eason Chan (陳奕迅) dan Joey Yung (容祖兒), diva Amerika kelahiran Hong Kong CoCo Lee (李玟), dan penyanyi pop China Li Yuchun (李宇春).

Saat ini, Chou telah memenangkan 15 Penghargaan Melodi Emas, Penghargaan Grammy versi Taiwan, termasuk dua Penghargaan Penyanyi Pria Mandarin Terbaik, dan empat Penghargaan Album Mandarin Terbaik.

Chou tampil dalam cerita sampul majalah Time edisi Asia pada Maret 2003, yang berjudul "New King of Asian Pop."

Raja pop juga membangun karir akting. Pada tahun 2005, aktingnya di Initial D (頭文字D) membuatnya mendapatkan Penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di Penghargaan Golden Horse Taiwan dan Penghargaan Penampil Baru Terbaik di Penghargaan Film Hong Kong.

Pada tahun 2011, Chou berperan sebagai Kato, pembantu Green Hornet Britt Reid dalam film pahlawan super Hollywood "The Green Hornet" (青峰俠) sebelum berpartisipasi dalam film Hollywood lainnya "Now You See Me 2" (出神入化 2) pada tahun 2016 .

Selain akting, Chou menyutradarai film pertamanya, drama romantis Secret (不能說的秘密), yang dibintangi oleh dirinya sendiri dan aktris pemenang penghargaan Taiwan Gwei Lun-mei (桂綸鎂) pada tahun 2007. Chou menggubah sebagian besar musik untuk film tersebut.

Sementara Chou telah membangun karir yang sukses di bisnis hiburan, dia juga telah melebarkan sayap ke beberapa bidang lain, seperti restoran, game elektronik, fashion, dan bahkan bisnis non-fungible token (NFT).

Menurut laporan media berita lokal, Chou meraup pendapatan sekitar NT$460 juta pada paruh pertama tahun lalu sebagian besar didukung oleh 11 kesepakatan dukungan produk, sembilan di Tiongkok dan dua di pasar global, meskipun tidak merilis album baru di tahun ini. enam tahun, menjadi artis paling menguntungkan di Taiwan, mengalahkan Jam Hsiao (蕭敬騰), yang memperoleh NT$170 juta.

Chou telah meluncurkan tur konser di Asia dan akan tampil di Sydney pada Maret dan Hong Kong pada Agustus dan September, setelah konser di Singapura pada Desember 2022 dan Kuala Lumpur pada Januari 2023.

Artis Taiwan ini menikah dengan aktris dan model Australia kelahiran Taiwan Hannah Quinlivan (昆凌) pada tahun 2015. Pasangan ini memiliki satu putra dan dua putri.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<