Lama Baca 5 Menit

Konferensi Pers Kemenlu China 2 Februari 2023


Konferensi Pers Kemenlu China 2 Februari 2023-Image-1
Wang Wenbin

Beijing, Bolong.id - Berikut ini cuplikan konferensi pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Tiongkok pada 2 Februari 2024.

Atas undangan Anggota Biro Politik Komite Sentral CPC dan Menteri Luar Negeri Wang Yi, Anggota Dewan Federal Swiss dan Menteri Luar Negeri Ignazio Cassis akan mengunjungi Tiongkok dari tanggal 6 hingga 7 Februari dan kedua belah pihak akan mengadakan putaran ketiga Tiongkok- Dialog Strategis Menteri Luar Negeri Swiss. 

China News Service: Anda baru saja mengumumkan bahwa Anggota Dewan Federal Swiss dan Menteri Luar Negeri Ignazio Cassis akan mengunjungi Tiongkok. Bagaimana Tiongkok memandang hubungan Tiongkok-Swiss saat ini? Apa yang ingin dicapai Tiongkok melalui kunjungan ini?

Wang Wenbin: Tiongkok menyambut Anggota Dewan Federal Swiss dan Menteri Luar Negeri Swiss Ignazio Cassis untuk mengunjungi Tiongkok dan memimpin bersama Dialog Strategis Menteri Luar Negeri Tiongkok-Swiss putaran ketiga.

Swiss adalah salah satu negara Barat pertama yang mengakui Tiongkok Baru. Dalam 74 tahun terakhir sejak Tiongkok dan Swiss menjalin hubungan diplomatik, kedua negara telah memberikan contoh baik dalam kerja sama persahabatan antara negara-negara dengan sistem sosial berbeda dan ukuran berbeda pada tahap pembangunan berbeda. Kami telah menempa semangat kerja sama Tiongkok-Swiss yang menampilkan kesetaraan, inovasi, dan hasil yang saling menguntungkan. 

Pada tahun 2016, Presiden Xi Jinping dan pemimpin Swiss menjalin kemitraan strategis inovatif Tiongkok-Swiss, memberikan panduan strategis penting dan memetakan arah pertumbuhan hubungan bilateral di masa depan. Perdana Menteri Li Qiang melakukan kunjungan resmi yang sukses ke Swiss bulan lalu, di mana kedua belah pihak mencapai serangkaian pemahaman bersama mengenai peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan antara Tiongkok dan Swiss. Tiongkok berharap babak baru dialog strategis ini akan menjadi peluang bagi kedua belah pihak untuk lebih menerapkan pemahaman bersama yang dicapai antara para pemimpin kedua negara dan membawa hubungan bilateral ke tingkat yang baru.

The New York Times: Apakah Anda memperkirakan Presiden Tiongkok dan Amerika Serikat akan melakukan panggilan telepon pada musim semi ini atau dalam beberapa bulan mendatang?

Wang Wenbin: Anggota Biro Politik Komite Sentral CPC dan Direktur Kantor Komisi Pusat Luar Negeri Wang Yi mengadakan pertemuan dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan. Kedua belah pihak sepakat bahwa kedua kepala negara akan menjaga kontak rutin untuk memberikan panduan strategis dalam hubungan bilateral. Kami berharap AS akan bekerja sama dengan Tiongkok dalam arah yang sama, menerapkan pemahaman dan visi bersama antara kedua kepala negara pada pertemuan puncak di San Francisco, mengatasi hambatan dan menghindari gangguan demi pertumbuhan stabil Tiongkok-AS. hubungan. Mengenai pertanyaan spesifik Anda, saya tidak punya informasi untuk ditawarkan.

CCTV: Pemerintah Venezuela mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan peringatan pada tanggal 2 Februari untuk menandai peringatan 25 tahun pelantikan mantan Presiden Hugo Chavez untuk masa jabatan presiden pertamanya. Apa komentar Tiongkok?

Wang Wenbin: Tiongkok mencatat laporan tentang peringatan relevan yang akan diadakan oleh pemerintah Venezuela. Kami mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Venezuela atas pencapaian mereka dalam menegakkan kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri serta secara aktif menjajaki jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasional mereka selama 25 tahun terakhir, dan kami yakin bahwa Venezuela akan mencapai kesuksesan baru yang lebih besar dalam pembangunan nasional.

Konferensi Pers Kemenlu China 2 Februari 2023-Image-2
Wartawan

Asahi Shimbun: Media Jepang melaporkan bahwa pemerintah Jepang meminta Tiongkok untuk menjelaskan pelampung Tiongkok yang mengapung di perairan dalam zona ekonomi eksklusifnya dekat “Kepulauan Senkaku.” Apa tanggapan Anda terhadap permintaan Jepang?

Wang Wenbin: Diaoyu Dao dan pulau-pulau afiliasinya adalah wilayah melekat Tiongkok. Tiongkok tidak menerima gagasan yang disebut “Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.” Sepengetahuan saya, pelampung yang Anda sebutkan awalnya ditempatkan di perairan dekat muara Sungai Yangtze dan hanyut karena kegagalan teknis. Kedua negara sedang berkomunikasi satu sama lain mengenai hal itu. 

Informasi Seputar Tiongkok