Lama Baca 9 Menit

Konferensi Pers Kemenlu China 6 Februari 2023


Konferensi Pers Kemenlu China 6 Februari 2023-Image-1
Wang wenbin

Beijing, Bolong.id - Berikut ini cuplikan konferensi pers Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Tiongkok pada 6 Februari 2024.

Reuters: Menteri Luar Negeri Guatemala mengatakan kepada Reuters pada hari Senin bahwa negaranya berencana untuk menghubungi Tiongkok untuk mengembangkan hubungan perdagangan formal, meskipun negara tersebut berencana untuk mempertahankan hubungan yang sudah ada dengan Taiwan. Akankah pendekatan Guatemala disetujui oleh pihak Tiongkok?

Wang Wenbin: Hanya ada satu Tiongkok di dunia, pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok adalah satu-satunya pemerintahan sah yang mewakili seluruh Tiongkok, dan Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah Tiongkok. Prinsip satu Tiongkok adalah konsensus internasional yang berlaku dan norma dasar yang mengatur hubungan internasional. Hal ini juga merupakan prasyarat mendasar dan landasan politik bagi Tiongkok untuk melakukan kerja sama dengan semua negara termasuk Guatemala.

Seratus delapan puluh tiga negara di dunia telah menjalin hubungan diplomatik dengan Tiongkok, yang sepenuhnya menunjukkan bahwa mendukung prinsip satu Tiongkok merupakan titik balik tren opini publik dan alur sejarah. Kami berharap pemerintahan baru Guatemala akan mengikuti tren umum dan mengambil keputusan yang tepat sedini mungkin yang akan memenuhi kepentingan fundamental dan jangka panjang negara dan rakyatnya.

CNR: Nangolo Mbumba dilantik sebagai Presiden baru Namibia pada tanggal 4 Februari. Apa komentar Tiongkok?

Wang Wenbin: Kami mengucapkan selamat kepada Presiden Mbumba atas menjabatnya. Saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Mbumba, Namibia akan terus menikmati momentum pembangunan yang stabil dan mencapai keberhasilan baru dalam pembangunan nasional.

Tiongkok dan Namibia memiliki persahabatan tradisional yang mendalam dan kuat. Tiongkok sangat menghargai hubungannya dengan Namibia dan siap bekerja sama dengan Namibia untuk memperdalam pertukaran dan kerja sama secara menyeluruh serta meningkatkan kemitraan kerja sama strategis komprehensif Tiongkok-Namibia ke tingkat yang baru.

Konferensi Pers Kemenlu China 6 Februari 2023-Image-2
Wartawan

Reuters: Kapal penelitian Xiang Yang Hong 03 milik Tiongkok akan berlabuh di Maladewa akhir pekan ini. Tolong bisakah Anda menjelaskan jenis pekerjaan yang dilakukan kapal penelitian Tiongkok di Samudera Hindia? 

Wang Wenbin: Kegiatan penelitian ilmiah Tiongkok di perairan terkait adalah untuk tujuan damai dan bertujuan memberikan kontribusi terhadap pemahaman ilmiah umat manusia tentang lautan. Kegiatan ini sepenuhnya mematuhi ketentuan Konvensi PBB tentang Hukum Laut. Selama bertahun-tahun, Tiongkok dan Maladewa telah menjalin kerja sama yang erat dalam penelitian ilmiah kelautan. Tiongkok menghargai fasilitasi dan bantuan yang diberikan oleh Maladewa kepada kapal penelitian Tiongkok yang memasuki pelabuhannya atas dasar kedaulatan dan persahabatan Tiongkok-Maladewa dan sesuai dengan ketentuan hukum internasional yang relevan.

Phoenix TV: Dilaporkan bahwa Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink bertemu dengan empat perusuh anti-China yang melarikan diri ke luar negeri, yaitu Anna Kwok, Elmer Yuen, Frances Hui dan Joey Siu. Dia mengatakan di media sosial X bahwa dia “merasa terhormat bertemu dengan para pendukung demokrasi dan hak asasi manusia Hong Kong.” Apa komentar Anda?

Wang Wenbin: Kami menyesalkan dan dengan tegas menentang tindakan terang-terangan pejabat senior AS yang melibatkan diri dengan perusuh anti-Tiongkok yang melarikan diri dari Hong Kong.

Para perusuh ini diduga membahayakan keamanan nasional. Polisi Hong Kong mengeluarkan surat perintah penangkapan sesuai dengan hukum. Hal ini perlu dan sah serta sejalan dengan hukum internasional dan praktik kebiasaan. Undang-undang keamanan nasional AS juga diterapkan secara ekstrateritorial. Dengan mendukung para perusuh dari Hong Kong, AS tidak hanya menginjak-injak prinsip supremasi hukum namun juga memperlihatkan standar ganda yang sudah lama ada dalam hal hak asasi manusia dan supremasi hukum. 

Urusan Hong Kong adalah murni urusan dalam negeri Tiongkok dan tidak boleh ada campur tangan pihak luar. Kami mendesak AS untuk merenungkan apa yang telah dilakukannya dan sepenuhnya menghormati kedaulatan Tiongkok dan supremasi hukum di Hong Kong. Amerika seharusnya tidak menjadi surga bagi para penjahat. Tiongkok memiliki tekad kuat untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunannya. Setiap upaya untuk mencampuri urusan Hong Kong dan melemahkan supremasi hukum di Hong Kong akan ditanggapi dengan tegas oleh Tiongkok.

AFP: Australia hari ini mengatakan bahwa mereka telah menyatakan “kemarahan” kepada Tiongkok atas penangguhan hukuman mati yang dijatuhkan kepada warga Australia kelahiran Tiongkok. Apa komentar Tiongkok mengenai hal ini?

Wang Wenbin: Kami berbagi informasi kemarin tentang persidangan dan hukuman terhadap kasus spionase terdakwa Australia Yang Jun. Saya ingin menekankan bahwa Tiongkok adalah negara yang menjunjung tinggi supremasi hukum. Otoritas peradilan Tiongkok menangani kasus sesuai dengan hukum. Kami mendesak Australia untuk sepenuhnya menghormati kedaulatan peradilan Tiongkok.

Konferensi Pers Kemenlu China 6 Februari 2023-Image-3
Wang wenbin

CCTV: Kami memperhatikan bahwa di seluruh dunia, semakin banyak orang merayakan Tahun Baru Imlek, yang juga disebut Tahun Baru Imlek. Merayakan festival tradisional ini sudah menjadi mode saat ini. Apa komentar Anda?

Wang Wenbin: Tahun Baru Imlek adalah waktu untuk reuni keluarga, yang dipandang oleh banyak orang sebagai “momen Tiongkok” di kalender setiap tahun. Hari ini juga dirayakan secara global sebagai hari libur umum. Anda baru saja mengajukan pertanyaan yang sangat bagus. Kami telah menyiapkan beberapa slide untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana Tahun Baru Imlek dirayakan secara global.

Tahun Baru Imlek tahun ini akan menjadi yang pertama sejak Majelis Umum PBB memutuskan untuk memasukkan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur terapung PBB. Organisasi Pangan dan Pertanian, Kantor PBB di Wina dan organisasi lainnya baru-baru ini secara resmi merayakan Tahun Baru Imlek untuk pertama kalinya. Tahun Baru Imlek adalah hari libur umum di lebih dari 20 negara dan dirayakan dalam berbagai bentuk oleh sekitar seperlima penduduk bumi. Dari Timur hingga Barat, baik di belahan bumi utara maupun selatan, negara-negara di seluruh dunia diterangi dengan warna merah Tiongkok dan orang-orang berbagi suasana gembira serta merasakan kekayaan dan semangat budaya Tiongkok.

Di PBB, utusan diplomatik merasakan tradisi Tahun Baru Imlek seperti membuat pangsit, kaligrafi, dan memotong kertas. Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon bergabung dengan ribuan warga Tionghoa perantauan di Festival Tahun Baru Imlek dan Hari Pasar di Auckland untuk menyambut Tahun Naga. Belarus mengadakan konser simfoni “Merangkul Tahun Baru Imlek” dengan musisi dari kedua negara membawa kegembiraan yang luar biasa bagi para penonton. Pameran kuil diadakan di Heidelberg, Jerman, yang memamerkan adat istiadat tradisional kepada wisatawan seperti diabolo, bait Tahun Baru Imlek, dan tulisan karakter Fu yang berarti keberuntungan. 

Metropolitan Museum of Art di New York menyelenggarakan pameran bertajuk “Merayakan Tahun Naga”, yang menampilkan pertunjukan tari naga, pencetakan balok kayu, dan aktivitas brilian lainnya. Lentera digantung tinggi di jalan-jalan di Malaysia, dan anak-anak muda menampilkan tarian naga yang mengesankan dengan seekor naga yang panjangnya hampir 200 meter. Sebuah acara perayaan akbar diadakan di Marco Zero Square, landmark terkenal Recife di Brazil. Pertunjukan cahaya spektakuler yang menampilkan dua belas maskot Zodiak Tiongkok dipentaskan dan orang-orang bernyanyi dan menari.

Tahun Baru Imlek mewujudkan tradisi dan nilai-nilai harmoni, cinta dan perdamaian dalam budaya Tiongkok. Fakta bahwa festival ini dirayakan di tempat lain di seluruh dunia adalah contoh nyata dari pembelajaran timbal balik antara berbagai peradaban dan bagaimana mereka berkembang bersama. Kami berharap orang-orang di mana pun dapat ikut merasakan kegembiraan Tahun Baru Imlek, merasakan hangatnya musim semi yang akan datang, dan bersama-sama menyambut tahun baru Imlek yang penuh berkah.(*)

 

 

Informasi Seputar Tiongkok