Baca dalam 3 menit

Bertambah, Korban Meninggal Banjir Bandang Kota Batu Jadi 6 Orang

Waktu Publish : 06 Nov 2021, 09:38 WIB
SHARE ARTIKEL

Pencarian korban banjir abndang di Kota Batu - Image from Dari berbagai sumber. Segala keluhan terkait hak cipta silahkan hubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan pada Jumat (5/11/2021), korban banjir bandang yang menerjang Kota Batu, Jawa Timur, bertambah satu orang. Temuan ini dikatakan oleh Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui keterangan tertulis.

Dengan demikian total korban meninggal dunia berjumlah enam orang. Sementara itu korban selamat terdata berjumlah enam orang dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian.

Korban meninggal dunia yang ditemukan sejauh ini adalah pasangan suami istri warga Desa Bulukerto Wiji dan Sarip, Mahendra Feri dan Alverta Shenazia Arvisa Vindra yang merupakan ayah anak dari Dusun Gintung, Adi Wibowo dari Desa Bulukerto, dan Wakri, warga Dusun Gintung.

Adapun seluruh korban jiwa telah dievakuasi menuju RSU Karsa Husada Batu sedangkan korban yang berhasil selamat dilarikan ke puskesmas terdekat.

Tim gabungan BPBD Kota Batu, PMI, Basarnas, TNI, Polri dan relawan yang berada di lokasi mengaku kesulitan untuk melakukan proses evakuasi karena minimnya bantuan alat-alat berat. Saat ini, setidaknya terdapat 2-3 anjing pelacak yang ikut membantu proses pencarian korban hilang lainnya.

Melansir pantauan CNN Indonesia TV, Kali Sambong merupakan sungai dengan lebar 3-4 meter. Menurut warga, kali tersebut hanya mengalirkan air pada musim hujan. Namun, Kali Sambong ini pula yang mengantarkan banjir bandang dengan material lumpur dan kayu hingga menyapu bersih rumah di kanan-kirinya.

Banjir bandang yang menerjang Kota Batu, Jawa Timur, terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis (4/11).

Kerugian materiil yang tercatat sejauh ini meliputi 17 unit rumah rusak, 28 sepeda motor rusak, tiga unit mobil rusak, delapan ekor hewan ternak hanyut terseret arus sungai dan enam kandang hewan ternak rusak berat.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Kode Merah untuk Banjir di Henan, China

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

Beijing Keluarkan Peringatan Banjir Bandang

  • Della Shafira Putri
  • 04 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong