Baca dalam 3 menit

6 Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru Imlek di Berbgai Negara

Waktu Publish : 03 Feb 2021, 14:36 WIB
SHARE ARTIKEL

Imlek - Image from goodnewsfromindonesia.id

Jakarta, Bolong.id - Sebentar lagi seluruh umat Tionghoa akan merayakan Tahun baru Imlek. Tahun ini Imlek akan dirayakan 12 Februari mendatang.

Hari raya warga Tionghoa ini biasanya dirayakan dengan meriah dengan pernak-pernik serba merah. Selain itu, vihara juga biasanya mulai dipenuhi masyarakat yang akan bersembahyang.

Perayaan Imlek dihadirkan di berbagai negara di dunia. Bahkan tak jarang perayaan imlek dilakukan dengan cara yang unik sesuai tradisi negara masing-masing.

Berikut enam tradisi unik merayakan Tahun Baru Imlek di berbagai negara.

1. Membeli Bunga

Bunga - Image from kompas.com

Hong Kong menjadi salah satu negara yang menghadirkan kemeriahan perayaan Imlek. Di Hong Kong, kamu bisa melihat berbagai pertunjukan budaya dan kembang api yang meriah. Di Hong Kong Bunga dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dan juga hal-hal baik selama perayaan Imlek berlangsung. Oleh karena itu, penduduk Hong Kong memiliki kebiasaan untuk membeli bunga sehari sebelum menyambut Tahun Baru Imlek.

2. Memberikan Hadiah Nanas

Nanans - Image from idntimes.com

Di Kuala Lumpur, ada satu jenis buah yang sangat populer untuk dijadikan hadiah di Tahun Baru Imlek, yaitu nanas. Memberikan nanas saat Tahun Baru imlek dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan. Nanas juga diyakini merupakan simbol dari kebahagiaan.

3. Pemilihan Miss Chinatown

San Fransisco - Image from media.timeout.com

Amerika Serikat juga tak mau kalah merayakan Tahun Baru Imlek dengan mengadakan Miss Chinatown. Ajang ini memang digelar di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, salah satunya adalah San Francisco.

Selain parade naga barongsai dan pertunjukan budaya China, kamu juga bisa menemukan penobatan Miss Chinatown Amerika Serikat. Setiap tahunnya diadakan pemilihan Miss Chinatown yang penobatannya diselenggarakan bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek di San Francisco.

4. Perayaan Seollal

Seollal - Image from kkday.com

Imlek di Korea Selatan disebut dengan Seollal, yang memiliki arti hari pertama pada penanggalan China.

Seollal adalah waktu untuk menghormati leluhur dan bertemu dengan keluarga serta teman lama. Seollal merupakan waktu untuk merangkul tradisi budaya dan kuliner Korea.

Pada momen ini orang-orang akan mengenakan Hanbok, pakaian tradisional Korea. Mereka melakukan ritual leluhur, memainkan permainan tradisional, dan mendengarkan cerita-cerita rakyat kuno.


5. Mengundang Tamu yang Membawa Keberuntungan

Imlek di Vietnam - Image from vietvisiontravel.com

Tahun Baru Imlek di Vietnam, juga dikenal sebagai Tet.Tet adalah satu diantara festival paling sakral bagi orang-orang Vietnam.

Saat merayakan Imlek, makanan yang pasti selalu hadir adalah zongzi yang mirip seperti bacang. Satu hal yang unik dari perayaan Imlek di Vietnam, masyarakat di sana percaya bahwa tamu pertama yang datang ke rumah mereka akan menentukan peruntungan di tahun baru. Kepercayaan ini sendiri disebut dengan Xong Tet.

6. Makan Yu Sheng

Yu Sheng - Image from asianinspirations.com

Yu Sheng adalah salah satu makanan seperti salad dengan campuran sayuran, buah, kerupuk hingga minyak sebagai penambah rasa. Rata-rata bahan yang digunakan untuk Yu Sheng terbuat dari bahan mentah, sehingga tak perlu diolah lagi. Sebagai makanan khas imlek, Yu Sheng memiliki makna keburuntungan di tahun yang baru.

Yu sheng populer di Indonesia sekitar lima tahun belakangan. Sebab sejatinya yu sheng bukan tradisi peranakan Tionghoa-Indonesia. Tradisi Yu Sheng berasal dari Singapura, tepatnya di kalangan pendatang dari Kanton.

Yu Sheng yang termasuk makanan khas saat Imlek memiliki cara tersendiri sebelum menyantapnya. Tak hanya berbagai elemen Yu Sheng saja yang memiliki arti, namun ada juga panduan saat ingin memakannya sebagai lambang doa kepada Tuhan. (*)

Terkait

news

China Akan Pertimbangkan Amandemen UU Keluarga Berencana

  • Lupita
  • 28 Jul 2021

news

China Perkuat Pengawasan Kosmetik Anak

  • Lupita
  • 27 Jul 2021

news

Bye-bye Tiktokers Cilik, China Larang Livestreamer di bawah ...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Sambut Hari Anak Nasional, KBRI Beijing Kedatangan Siswa Chi...

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

news

Populasi China Akan Unggul untuk Waktu Lama

  • Djono W. Oesman
  • 24 Jul 2021

news

China Keluarkan Langkah-langkah Pendukung Kebijakan Tiga Ana...

  • Lupita
  • 22 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2