Fosil Dinosaurus yang Ditemukan di China Diberi Nama Nobita

20 July 2021, 15:50 WIB

Fosil Dinosaurus yang Ditemukan di China Diberi Nama Nobita -Image-1

Dinosaurus dan karakter Nobita dari Doraemon - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Para ilmuwan di Tiongkok minggu lalu mengumumkan bahwa spesies baru dinosaurus ditemukan tahun lalu akan diberi nama Eubrontes nobitai. Kata “nobitai” mengacu pada karakter Nobita, sahabat Doraemon dalam kartun.

Dilansir dari The Paper, pengumuman dibuat dalam Journal of Palaeontology di Universitas Petroleum Tiongkok di Beijing.

Xing Lida, seorang profesor yang merupakan bagian dari tim penemuan, mengatakan kepada Kyodo News bahwa tim memilih Doraemon karena kartun itu adalah "salah satu kenangan masa kecil bagi mereka yang lahir di Tiongkok pada 1980-an".

Dia mengatakan kepada kantor berita bahwa penggambaran dinosaurus dalam kartun Doraemon "sangat bagus" dan pertunjukan itu membantu anak-anak mengetahui raksasa prasejarah.

Ilmuwan itu menambahkan bahwa dia mengirim replika fosil ke Museum Nasional Tokyo serta Fujiko Co Ltd., perusahaan produksi kartun Doraemon. Museum ini berencana untuk menampilkan replikanya mulai 30 November.

Pada Juli 2020, tim menemukan serangkaian jejak kaki di Provinsi Sichuan di barat daya Tiongkok yang mereka yakini milik dinosaurus predator dari Periode Kapur (Cretaceous Era), periode terakhir sebelum kepunahan dinosaurus.

Jejak itu dikenal luas oleh penduduk setempat di daerah itu, yang sering menggambarkannya sebagai "menyerupai mata gelembung ikan mas" tetapi mereka tidak mengaitkan tanda itu dengan dinosaurus, menurut surat kabar itu.

Para ilmuwan juga menunjukkan bukti bahwa tanda-tanda itu muncul dalam cerita rakyat dari wilayah tersebut, yang merupakan hotspot untuk penemuan fosil.

Para ilmuwan menyebut makhluk itu sebagai ichnospecies, yang berarti ia diidentifikasi oleh "fosil jejak", atau tanda-tanda yang ditinggalkan hewan, seperti jejak kaki atau liang, tetapi bukan hewan itu sendiri.

Kata "eubrontes" adalah kata untuk menggambarkan fosil jejak kaki dinosaurus. (*)