Lama Baca 3 Menit

Awas... 30% Suami-Isteri di China Cerai Akibat Main HP

19 March 2022, 16:56 WIB



Awas... 30% Suami-Isteri di China Cerai Akibat Main HP-Image-1

Pasangan menikah di China - Image from Zhang Jinqiao/Imaginechina via AP

Beijing, Bolong.id - Lembaga konsultasi keluarga di Tiongkok, Changjiang Daily, baru-baru ini mewawancarai sejumlah mediator keluarga di Tiongkok. Mediator keluarga di sana ada di kantor urusan sipil, kepolisian dan pengadilan.

Dilansir dari Changjiang Daily pada Senin (14/3/2022), dalam kasus perceraian suami-isteri, penyebab menonjol adalah  kecanduan menggunakan ponsel. Selain itu, partisipasi orang tua yang berlebihan, juga penyebab perceraian.

30% Pasangan Bercerai Karena Kecanduan ponsel

“Dia tidak peduli padaku sama sekali. Dia tidak peduli dengan anak-anak atau keluarga. Ketika dia pulang, dia terus bermain ponsel.” Xiao Fang, seorang mediator keluarga. 

Ia adalah mediator keluarga penuh waktu di Pengadilan Rakyat Distrik Wuchang. Tapi, pernikahannyajuga terancam perceraian.

Xiao Fang memberi tahu suaminya, Nie Chunyan bahwa rumahnya membuatnya merasa tercekik, dan dia tidak bisa merasakan kehangatan atau harapan. 

Karena anak masih kecil, ia harus mengurus makan, minum, dan memandikan, serta mengantar anak tidur setiap hari setelah pulang kerja. 

Setelah suami Xiao Fang, Xiao Wang pulang kerja, dia akan makan, memeriksa ponselnya, dan tidur. 

Bahkan jika Xiao Fang memanggilnya untuk membantunya ketika dia terlalu sibuk, dia tidak pernah ada. "Keluarga seperti itu tidak bernyawa dan tak tertahankan," kata Xiao Fang.

Nie Chunyan pun mengobrol dengan pihak suami. Xiao Wang menganggap keluarganya normal, dan dia tidak berpikir dua kali tentang Xiao Fang. 

“Saya memberinya gaji saya, dan saya pulang setelah pulang kerja setiap hari, saya juga tidak bermain kartu atau minum di luar. Namun, saya melihat update teman di sosial media, membaca berita, dan bermain game di ponsel,”

Awas... 30% Suami-Isteri di China Cerai Akibat Main HP-Image-2

Ilustrasi menggunakan ponsel - Image from Klaus Vedfelt/Getty Images

“Kalau begitu, bisakah kamu mengubah kebiasaan menggunakan ponselmu?” Nie Chunyan melihat bahwa pasangan yang mengajukan permohonan cerai ke pengadilan tidak memiliki masalah prinsip. Jika Xiao Wang mengubah beberapa kebiasaan, keluarga masih bisa dipertahankan.

“Saya tidak ada masalah, mengapa saya harus mengubahnya?” Pemahaman Xiao Wang tentang pernikahan dan keluarga secara langsung merusak pernikahannya. 

Arah mediasi Nie Chunyan juga telah berubah dari membantu keduanya mempertahankan pernikahan mereka menjadi masalah pembagian properti dan hak asuh anak. 

Dia percaya bahwa untuk Xiao Fang, kualitas pernikahan seperti itu sangat rendah, dan tidak adil bagi Xiao Fang untuk bersikeras mempertahankannya. (*)