Presiden Ceko Tegaskan Kembali Dukungan Terhadap Kebijakan Satu China

logo clock 3 Menit logo clock 30-09-2020, 19:33

Hubungan diplomatik Republik Ceko dan China - Image from China Daily

Praha, Bolong.id - Presiden Ceko Milos Zeman pada hari Selasa menegaskan kembali bahwa dukungan Republik Ceko terhadap Kebijakan Satu Tiongkok atau One-China Policy tidak akan berubah.

Presiden mengucapkan janji tersebut dalam surat ucapan selamat kepada Kedutaan Besar Tiongkok di Republik Ceko, yang mengadakan pertemuan online untuk merayakan ulang tahun ke-71 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok.

"Republik Ceko akan terus mendukung kebijakan satu Tiongkok. Ini merupakan komitmen jangka panjang untuk hubungan Ceko-Tiongkok," katanya dalam surat tersebut, dilansir dari Xinhuanet.com, Rabu (30/9/2020).

Presiden Ceko juga mengekspresikan rasa terima kasihnya kepada Tiongkok karena telah mengulurkan bantuan kepada Republik Ceko selama pandemi musim semi ini, Ia menyatakan bahwa kedua negara memiliki potensi kerja sama di berbagai bidang seperti perawatan kesehatan dan ekonomi digital.

"Saya sangat yakin bahwa kita akan segera mengatasi pandemi COVID-19 dan kembali melanjutkan pertukaran dan kerja sama  di bidang perdagangan dan pariwisata (termasuk penerbangan langsung)," tambah Presiden.

Zhang Jianmin, Duta Besar Tiongkok untuk Republik Ceko, mengatakan bahwa pada tahun 2020, Tiongkok dan Republik Ceko bergandengan tangan dalam memerangi pandemi, mendukung dan membantu satu sama lain. 

"Kami sangat berharap kedua belah pihak dapat menjaga solidaritas dan kerja sama di lebih banyak bidang," kata Zhang.

Juga pada hari Selasa, menurut siaran pers dari kantor presiden, pejabat konstitusional tertinggi Republik Ceko berkumpul untuk pertemuan, di mana mereka juga menegaskan kembali kebijakan satu Tiongkok dalam kebijakan luar negeri negara itu.

"Republik Ceko sedang mendukung kebijakan satu Tiongkok tanpa perubahan dan bersikeras pada komunikasi diplomatik standar yang terkait dengannya," kata rilis siaran pers tersebut, menambahkan bahwa pengembangan hubungan dengan Tiongkok sesuai dengan Deklarasi 2016 tentang Kemitraan Strategis merupakan kepentingan dari Republik Ceko.

Pertemuan yang dipandu oleh Presiden Zeman itu dihadiri oleh Ketua Kamar Deputi Radek Vondracek, Perdana Menteri Andrej Babis dan menteri kabinet besar lainnya.

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-71 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, Kedutaan Besar Tiongkok di Republik Ceko telah menyiapkan film-film yang memperkenalkan Tiongkok dan menyelenggarakan Kontes Video Pendek "Piala Kedutaan Besar Tiongkok" untuk menayangkan video-video yang diambil oleh warga negara Ceko tentang Tiongkok dan Persahabat Tiongkok- Ceko. (*)



Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pakistan Beri Penghargaan kepada Pejabat China

 

logo clock 23-10-2020, 16:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Modernisasi Militer Kunci Peremajaan Nasional

 

logo clock 23-10-2020, 16:24
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Terungkap, Kesepakatan Baik China - Vatikan, Terkait Penunjukan Uskup

 

logo clock 23-10-2020, 15:14
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Perang Harus Dilancarkan Melawan Penjajah

 

logo clock 23-10-2020, 14:34
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Viral