Baca dalam 7 menit

Stempel UU Pajak Disahkan, Salah Satu Tujuannya untuk Mengurangi Biaya

Waktu Publish : 11 Jun 2021, 16:24 WIB
SHARE ARTIKEL

Undang-undang pajak disahkan - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Rapat ke-29 Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional ke-13 memberikan suara pada tanggal 10 Juni untuk mengesahkan Undang-Undang Pajak Stempel, yang akan mulai berlaku pada 1 Juli 2022. Sementara itu, Peraturan Sementara Republik Rakyat Tiongkok tentang Bea Materai yang diumumkan oleh Dewan Negara pada tanggal 6 Agustus 1988 akan dicabut.

Dilansir dari People’s Daily pada Jumat (11/6/2021), undang-undang bea materai umumnya mempertahankan kerangka sistem pajak saat ini tidak berubah, memadatkan item pajak dan tarif pajak dengan tepat, serta mengurangi beban pajak.

Pada tahun 2013, Sidang Paripurna Ketiga Komite Sentral ke-18 Partai Komunis Tiongkok mengesahkan Keputusan Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok tentang Beberapa Masalah Utama dari Reformasi yang Mendalam Secara Menyeluruh, yang dengan jelas mengusulkan pelaksanaan undang-undang prinsip perpajakan. Dengan berlakunya dan diundangkannya undang-undang bea meterai, 12 dari 18 pajak saat ini di Tiongkok telah memberlakukan undang-undang, dan undang-undang perpajakan telah melangkah lebih jauh.

Apa itu bea materai? Singkatnya, bea materai adalah pajak atas dokumen ekonomi kena pajak yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi.

Menurut data Kementerian Keuangan, penerimaan pajak nasional akan mencapai 15,43 trilyun yuan pada 2020. Bea meterai adalah sebesar 3087 miliar yuan, meningkat 25,4% dari tahun ke tahun. Di antara mereka, bea materai pada transaksi sekuritas adalah 177,4 miliar yuan, naik 44,3% YoY. Dari Januari hingga April tahun ini, pendapatan pajak Tiongkok adalah 6,74 trilyun yuan. Bea materai sebesar 160 miliar yuan, naik 49,6% YoY. Di antara mereka, bea materai pada transaksi sekuritas adalah 102,5 miliar yuan, naik 57,9% YoY.

Apa pentingnya undang-undang bea meterai disahkan?

Kementerian Keuangan dan Administrasi Negara Perpajakan mengeluarkan pernyataan tentang Undang-Undang Pajak Meterai Republik Rakyat Tiongkok (Draft for Comment) bahwa, rumusan Undang-Undang Pajak Meterai kondusif untuk memperbaiki sistem hukum pajak meterai, meningkatkan ilmiah, stabilitas dan otoritasnya, membangun sistem keuangan dan pajak modern untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pasar sosialis. Hal ini kondusif untuk memperdalam reformasi dan membuka, serta mempromosikan modernisasi sistem pemerintahan nasional dan kapasitas pemerintahan.

Li Xuhong, direktur Institut Keuangan dan kebijakan perpajakan dan penerapan Institut Akuntansi Nasional Beijing, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan People's Daily bahwa undang-undang pajak materai dapat lebih lanjut menerapkan prinsip perpajakan menurut undang-undang, meningkatkan keilmiahan, stabilitas, dan otoritas sistem hukum pajak meterai, dan membantu mempromosikan pengumpulan dan pengelolaan pajak yang lebih ilmiah dan standar.

“Penerapan undang-undang pajak materai merupakan langkah penting dalam penerapan prinsip-prinsip hukum perpajakan di Tiongkok.” Shi Zhengwen, direktur Pusat Penelitian Hukum Keuangan dan Perpajakan Universitas Ilmu Politik dan Hukum Universitas, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan wartawan dari People’s Daily bahwa, meskipun skala bea materai tidak besar, namun erat kaitannya dengan banyak kegiatan ekonomi. Perumusan dan pengesahan undang-undang bea meterai merupakan langkah lain untuk mengoptimalkan lingkungan bisnis, yang akan membantu meningkatkan standarisasi dan legalisasi pemungutan pajak materai, sehingga menstabilkan ekspektasi entitas pasar dan mendorong pengembangan entitas pasar yang berkualitas tinggi.

Apa yang menarik dari undang-undang bea meterai yang disahkan kali ini?

“Pengurangan tarif pajak atas hak eksklusif merek dagang, hak cipta, hak paten, dan dokumen pengalihan hak penggunaan teknologi milik adalah wujud penting dalam merespon pengurangan pajak dan biaya. Ini akan membantu mengurangi biaya transaksi perusahaan, mengurangi beban perusahaan, dan mendukung inovasi perusahaan. dan pengembangan." Kata Li Xuhong.

Pada saat yang sama, selain menurunkan beberapa tarif pajak dan mengurangi beban pajak perusahaan, bea meterai atas transaksi surat berharga secara resmi ditulis dalam undang-undang bea meterai dan telah menarik perhatian.

Menurut Pasal 1 Undang-Undang Pajak Meterai, badan dan orang pribadi yang menerbitkan kupon kena pajak dan melakukan transaksi surat berharga di wilayah Republik Rakyat Tiongkok adalah wajib pajak meterai dan wajib membayar pajak meterai sesuai dengan ketentuan undang-undang ini. Sementara itu, Pasal 3 lebih lanjut menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan perdagangan surat berharga dalam undang-undang ini adalah pemindahan saham dan penerimaan penitipan yang diperjualbelikan di bursa efek yang didirikan menurut undang-undang dan tempat perdagangan efek nasional lainnya yang disetujui oleh Dewan Negara. Artinya bea meterai atas transaksi surat berharga secara resmi termasuk dalam undang-undang bea meterai, dan untuk pertama kalinya, kuitansi penyimpanan yang diterbitkan atas dasar saham secara jelas masuk dalam ruang lingkup bea meterai.

Pada tahun 1992, negara secara seragam memungut bea meterai atas transaksi sekuritas di Shanghai dan Shenzhen. Setelah banyak penyesuaian kebijakan, bea meterai atas transaksi surat berharga saat ini 1%. Tarif pajak dikenakan pada pengalih. Dalam undang-undang pajak meterai yang disahkan kali ini, tarif pajak meterai 1% atas transaksi surat berharga belum disesuaikan.

Li Xuhong mengatakan bahwa sementara sistem pajak saat ini tetap tidak berubah secara keseluruhan, penggabungan pajak meterai atas transaksi sekuritas ke dalam norma hukum kondusif untuk menstandarisasi operasi modal dan transaksi di pasar perdagangan sekuritas, meningkatkan kualitas dan isi transaksi di pasar perdagangan sekuritas, pasar modal, dan mendorong perkembangan pasar yang sehat dalam jangka panjang.

"Pungutan bea materai atas transaksi sekuritas dapat mengatur popularitas pasar perdagangan sekuritas. Dimasukkannya bea materai pada transaksi sekuritas ke dalam norma hukum akan membantu perkembangan yang stabil dan teratur dari pasar sekuritas negara saya," kata Shi Zhengwen.

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong