Baca dalam 4 menit

Kenali Perbedaan Cita Rasa Makanan Sebelah Utara dan Selatan China

Waktu Publish : 17 Sep 2021, 14:03 WIB
SHARE ARTIKEL

Perbedaan kue bulan di utara dan selatan - Image from Sohu

Bolong.id - Dilansir dari 阿芬搞笑段子 pada Kamis (16/6/2021) Seperti yang kita semua tahu, ada banyak perbedaan dalam budaya antara Utara dan Selatan, ini dikarenakan begitu besarnya luas negara Tiongkok. Bentang alam dan kondisi geografis tentu mempengaruhi perbedaan budaya dan adat istiadat di setiap daerah. Begitu juga dalam hal makanan. Ternyata begitu banyak perbedaan yang dimiliki antara orang Utara dan Selatan. Walaupun sama-sama orang Tiongkok, selera mereka terhadap satu jenis makanan ternyata bisa benar-benar berbeda jauh. Lalu apa saja perbedaan tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

Nasi dan Olahan tepung- Image from sohu

Seperti yang kita semua tahu, banyak orang selatan suka makan nasi sebagai makanan pokok. Ketika mereka di sekolah, bahkan banyak teman selatan tidak bisa makan jika tidak ada nasi; sementara orang utara lebih suka makan berbagai jenis olahan tepung seperti roti kukus, Mandarin roll, mi, pasta, dan sejenisnya.

Hotpot Yuanyang - Image from sohu

Selain makanan pokok, perbedaan selera makan hot pot utara dan selatan juga terlihat jelas. Banyak orang utara menyukai rasa yang lebih ringan, sementara orang selatan menyukai hot pot pedas dengan rasa yang kaya. Restoran hot pot menyediakan atau hot pot Yuanyang yang memiliki dua jenis rasa dalam satu hotpot yaitu rasa pedas dan rasa ringan. Dengan ini setiap orang dapat makan sesuai dengan selera masing-masing.

Cabai hijau - Image from sohu

Perbedaan rasa antara utara dan selatan juga sangat berbeda dalam cara makan cabai. Misalnya, ketika orang di selatan makan cabai hijau, mereka dapat memilih untuk membuat hidangan yang disebut lada hijau kulit harimau, sedangkan ketika orang di utara makan cabai hijau, mereka cukup mencucinya dan memakannya mentah.

Tahu Nao - Image from sohu

Dalam cara menyantap tahu nao, kita juga bisa melihat perbedaan selera orang selatan dan utara. Orang selatan suka menambahkan gula ke tahu nao, sementara orang utara suka menambahkan sup pedas ke tahu nao, yang pedas dan asin. Makanan ini benar-benar dapat membuat Anda kecanduan.

Kangkung - Image from sohu

Perbedaan rasa antara utara dan selatan juga tercermin dari cara makan kangkung. Di selatan, kangkung sering membuang daunnya untuk memakan batangnya. Rasanya garing dan harum, sedangkan orang utara suka makan daunnya. Tampaknya makan daun memiliki rasa yang lembut.

Perbedaan kue bulan di utara dan selatan - Image from Sohu

Saya pikir perbedaan rasa antara Utara dan Selatan hanya antara kue bulan asin dan manis. Siapa yang mengira bahwa perbedaan di antara kedua tempat ini begitu banyak. Bagaimana anda semakin yakin bukan bahwa orang Selatan dan Utara Tiongkok memiliki selera yang cukup berbeda. Setelah membaca perbedaan selera antara Utara dan Selatan, mana yang menurut Anda paling mengejutkan Anda? (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong