Baca dalam 2 menit

Perjanjian Kemitraan Ekonomi RCEP Dimulai 1 Januari 2022

Waktu Publish : 04 Nov 2021, 12:32 WIB
Sumber : 新华网
SHARE ARTIKEL

1 Januari 2022, Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional Mulai Berlaku - Image from 百度

Bolong.id – Pada tanggal 3 kemarin Kementerian Perdagangan Tiongkok menginformasikan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) akan mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

Dilansir dalam 新华网 pada (04/11/2021), dilaporkan bahwa Sekretariat ASEAN, RCEP, mengeluarkan pemberitahuan untuk mengumumkan bahwa enam anggota ASEAN antara lain Brunei, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan empat anggota non-ASEAN termasuk Tiongkok, Jepang, Selandia Baru, dan Australia, melalui Sekretaris Jenderal secara resmi menyerahkan surat persetujuan dan mencapai batas untuk perjanjian.

Sesuai kesepakatan, RCEP akan berlaku efektif untuk sepuluh negara tersebut di atas pada 1 Januari 2022.

RCEP secara resmi ditandatangani pada 15 November 2020. Saat ini terdapat 15 negara anggota yang total populasi, volume ekonomi, dan total perdagangannya sekitar 30% dari total dunia, yang merupakan zona perdagangan bebas terbesar di dunia. Pemberlakuan perjanjian ini sangat penting untuk lebih mempromosikan perdagangan bebas di Kawasan Regional, menstabilkan rantai industri dan rantai pasokan, dan mempromosikan keterbukaan tingkat tinggi bagi Tiongkok. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong