Baca dalam 3 menit

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Pagi Ini

SHARE ARTIKEL

Gunung Sinabung Meletus Senin, 10 Agustus 2020 - Image from internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Karo, Bolong.id - Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meletus hari ini (10/8/2020) pukul 10.16 WIB dengan diikuti beberapa letusan susulan. Abu vulkanik membubung tinggi setinggi 5000 meter di atas puncak atau 7460 di atas permukaan laut.

Pos pengamatan gunung api Sinabung dan PVBMG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) menyebutkan, kolom abu intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. 

Pada saat terjadi hujan abu vulkanik, dilaporkan bahwa jalan-jalan di Berastagi gelap karena tertutup abu, dan juga telah terdengar suara gemuruh.

Masyarakat terus diimbau waspada terhadap ancaman lahar dingin dari erupsi Sinabung yang mengalir ke sungai.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar (dingin)," kata  Armen, Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung.

Sejak Mei 2019, gunung Sinabung sendiri berada pada status level III (siaga). Warga diminta tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi dan tidak berada dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

Sebelumnya, pada Sabtu (8/8/2020) lalu pukul 01.58 WIB, gunung ini juga sempat mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 4.460 meter di atas permukaan laut. (*)


Terkait

national

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Pagi Ini

  • Yohana Intan
  • 10 Aug 2020

Culture

6 Kosakata Tentang Bencana Alam dalam Bahasa Mandarin

  • Lupita
  • 07 Jan 2021
Logo follow bolong