Baca dalam 3 menit

Pertujukan Boneka Tradisional Tiongkok Merambah ke Teknologi Tinggi (Hi-Tech)

Waktu Publish : 15 Jul 2020, 12:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Li Xiu Ping (李秀平) bersama kedua boneka tradisional miliknya - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Shandong, Bolong.id - Li Xiu Ping (李秀平), pewaris pertunjukan boneka Tiongkok telah menggabungkan boneka tradisional dengan teknologi cerdas untuk menciptakan "robot boneka" sebagai bagian dari upaya untuk memperkenalkan ke lebih banyak orang mengenai belajar tentang warisan budaya takbenda.

Pada 2006, pertunjukkan boneka dimasukkan ke dalam kelompok pertama daftar warisan budaya takbenda nasional yang disetujui oleh Dewan Negara. Pertunjukan boneka merupakan salah satu seni tradisional Tiongkok dan memiliki sejarah lebih dari 2.000 tahun.

Li, yang berasal dari Jinan, Provinsi Shandong, bersama suaminya telah mempelajari teknologi modern untuk meningkatkan struktur eksternal dan internal boneka tradisional untuk menciptakan "robot boneka" yang lebih portabel digunakan di pertunjukan panggung.

Untuk mengurangi berat boneka, teknologi cetak 3D digunakan untuk membuat kepala boneka. Sebuah chip robotika kemudian ditanamkan ke dalam tubuh boneka yang memungkinkannya untuk melakukan gerakan tertentu secara mandiri. Menurut Li, untuk mempelajari cara tampil menggunakan 'robot boneka' seorang pemula hanya perlu sekitar satu hari pelatihan.

Li Xiu Ping (李秀平制) membuat robot boneka. - Image from chinanews.com


Li Xiu Ping (李秀平) mengatakan bagian luar boneka tetap mempertahankan karakteristik boneka tradisional. Selain itu, perlengkapan pertunjukan boneka tradisional seperti panggung, audio, pencahayaan, tirai, dan peralatan lain yang digunakan membutuhkan banyak tenaga. Namun, setelah mengintegrasikan teknologi modern, boneka sekarang dapat dikemas serta jauh lebih mudah dibawa ke daerah pegunungan terpencil dan ke sekolah-sekolah.

Dibandingkan boneka tradisional, “robot boneka” dapat menampilkan gerakan halus dalam hubungannya dengan plot drama. Proses ini lebih sederhana dan dapat menerobos keterbatasan tenaga, tempat, dan keterampilan pertunjukan.

Li Xiu Ping (李秀平) bersama robot bonekanya. - Image from chinanews.com

Menurut Li Xiu Ping (李秀平), banyak orang tidak pernah benar-benar menonton pertunjukan boneka dalam kehidupan nyata dan beberapa hanya menontonnya di televisi dan platform lain. Li berharap dengan upaya ini akan lebih banyak orang mengetahui tentang pertunjukan tradisional ini sehingga dapat mendiskusikan warisan, promosi, dan pelestarian pertunjukan boneka.

Li berharap pertunjukan boneka langsung akan sepopuler film di masa depan dan pertunjukan seperti itu akan dibawa ke komunitas, sekolah, dan pedesaan. Li percaya boneka hanyalah pendukung dan platform, sedangkan konten dan drama adalah intinya. Li juga berkomitmen memodernisasi konten drama boneka, menceritakan kisah-kisah Tiongkok dengan lebih baik, dan membiarkan lebih banyak orang memahami warisan budaya takbenda dan budaya Tiongkok.(*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong