Baca dalam 3 menit

Kebun Binatang Washington Tunggu Kelahiran Anak Panda Pandemi

SHARE ARTIKEL

Panda Raksasa Mei Ziang yang sedang hamil di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, tidur di habitat dalam ruangan di Kebun Binatang Washington (23/8/15)- Image from AP News

Washington, Bolong.id - Penjaga kebun binatang di Kebun Binatang Nasional Washington menggunakan jam tangan bayi hitam-putih setelah menyimpulkan bahwa ibu kepala keluarga panda raksasa Mei Xiang sedang hamil dan dapat melahirkan minggu ini. Ini adalah kabar baik yang disambut baik di tengah pandemi yang membuat kebun binatang tutup selama berbulan-bulan.

“Kami membutuhkan ini! Kami benar-benar membutuhkan kegembiraan ini,” ujar  juru bicara kebun binatang, Pamela Baker-Masson. "Kita semua sangat membutuhkan perasaan baik ini."

Meskipun apa yang disebut "kehamilan hantu" biasa terjadi pada panda dan beruang besar lainnya, Baker-Masson mengatakan pemindaian ultrasound mengungkapkan "janin yang tampak sangat kuat dan fantastis" yang dapat dilahirkan minggu ini.

“Gambarnya bagus. Dia benar-benar hamil. Tapi banyak hal masih bisa terjadi, seperti pada kehamilan manusia,” kata Baker-Masson.

Kebun binatang memposting video dari USG di Instagram. “Tetap silangkan kaki Anda!” kebun binatang memposting, melaporkan bahwa janin "menendang dan berenang di cairan ketuban".

Pengumuman kehamilan tersebut telah memicu putaran baru panda-mania untuk salah satu atraksi utama kebun binatang. Penayangan di kamera panda kebun binatang telah meningkat 800%.

Kebun binatang dibuka kembali secara terbatas pada 24 Juli 2020, dengan pembatasan diberlakukan untuk menjaga tempat tidak terlalu ramai. Namun, semua pameran dalam ruangan, termasuk rumah panda yang sangat populer, tetap ditutup. Pengunjung masih dapat melihat kandang panda di luar ruangan, tetapi Mei kebanyakan tinggal di dalam ruangan, membuat sarang dari dahan. Dia masih bisa dilihat di kamera panda.

Kelahiran panda pada dasarnya rumit, dengan lahir mati dan keguguran sering terjadi. Ada juga fenomena yang disebut "resorpsi" di mana janin tiba-tiba diserap kembali ke dalam tubuh ibu. Baker-Masson mengatakan bahwa jarang ada janin yang berkembang dengan baik ini.

Komplikasi potensial lainnya adalah usia ibu. Mei, pada usia 22 tahun, akan menjadi panda raksasa tertua yang berhasil melahirkan di Amerika Serikat. Yang tertua di dunia melahirkan di Tiongkok pada usia 23 tahun.

“Berbicara secara reproduktif, dia adalah beruang yang lebih tua,” kata Baker-Masson. “Tapi dia adalah ibu yang hebat di masa lalu.”

Mei Xiang berhasil melahirkan tiga anak: Tai Shan, Bao Bao dan Bei Bei. Semuanya dibawa ke Tiongkok pada usia 4 tahun, berdasarkan perjanjian kebun binatang dengan pemerintah Tiongkok.

Mei hamil melalui inseminasi buatan, sebuah proses yang sangat dipengaruhi oleh tindakan pencegahan atas pandemi COVID-19. Prosedur tersebut dilakukan tak lama setelah seluruh kebun binatang ditutup pada 14 Maret 2020.

Biasanya, penjaga kebun binatang akan menggunakan kombinasi sperma beku yang disimpan dan air mani segar yang diekstrak dari panda jantan Tian Tian. Untuk meminimalkan jumlah prosedur medis jarak dekat yang dilakukan, staf kebun binatang memutuskan untuk melewatkan ekstraksi dan menginseminasi Mei hanya dengan air mani yang telah dicairkan dari tahun 2016. Jika berhasil, itu akan menjadi yang pertama di AS yang hanya menggunakan sperma beku. (*)


Terkait

berita

Panda Ikut Juga Dites COVID-19, Ngapain Sih?

  • Bolong team
  • 16 May 2020

international

Lho, Mirip! Penampakan Aneh Panda di Persimpangan Jalan Tern...

  • Bolong team
  • 11 Jun 2020

culture

Mau Hidup Tenang? Pandanglah Hidup dengan Positif dan Bahagi...

  • Bolong team
  • 12 Jun 2020

culture

Agar Hidup Lebih Bermakna, Suara Hati adalah Yang Terpenting

  • Bolong team
  • 13 Jun 2020

international

Menarik, Ini Dia Panda Kesayangan Xi Jinping dengan Kerajaan...

  • Oki
  • 25 Jun 2020

international

Bayi Baru Panda Asal Tiongkok Berhasil Lahir di Korea Selata...

  • Yohana Intan
  • 25 Jul 2020
Logo follow bolong