Baca dalam 3 menit

Penyebaran COVID-19 di Seoul Melonjak

SHARE ARTIKEL

Pejabat publik mendisinfeksi jalan raya untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona di depan Gereja Yoido Full Gospel di Seoul, Korea Selatan, 18 Agustus 2020 - Image from AP

Seoul, Bolong.id - Kasus baru harian Korea Selatan kini melonjak 297 ke rekor tertinggi sejak awal Maret 2020, dengan infeksi yang ditelusuri ke gereja-gereja di ibu kota Seoul terus membengkak.

Negara itu menambahkan 297 kasus COVID-19 lagi, termasuk 283 infeksi lokal, meningkatkan total beban kasus menjadi 16.058, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC).

Otoritas kesehatan mengatakan situasi saat ini mengkhawatirkan karena sebagian besar kasus telah ditularkan secara lokal. Dari infeksi lokal yang baru diidentifikasi, 150 kasus dilaporkan dari ibu kota Seoul, rumah bagi setengah dari 50 juta penduduk negara itu.

Dua tentara Angkatan Darat di wilayah utara Gapyeong dinyatakan positif mengidap Covid-19 dalam kasus-kasus yang dilacak ke kelompok infeksi besar-besaran di sebuah gereja Seoul, ujar Kementerian Pertahanan pada Rabu (19/8/20).

Infeksi yang terkait dengan gereja di antara anggota militer telah berkembang menjadi tujuh.

"Semua personel layanan pangkalan itu menjalani tes virus, dan kecuali lima, semua lainnya dinyatakan negatif," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan sebelumnya.

Sejauh ini, militer melaporkan 90 pasien virus Corona. Saat ini, 737 anggota dinas diisolasi sesuai dengan pedoman otoritas kesehatan, dan militer telah mengkarantina 3.131 orang tambahan.

Kementerian Pertahanan telah memerintahkan pembatasan semua anggota layanan dari perjalanan liburan dan off-instalasi dari Rabu (19/8/20) hingga akhir Agustus 2020 ini.

Kasus baru harian yang dilaporkan oleh KCDC berada dalam tiga digit selama beberapa minggu terakhir, dengan total 1.300 kasus baru diidentifikasi. Negara ini telah menerapkan pedoman jarak sosial yang ditingkatkan pada tengah malam untuk membendung penyebaran virus lebih lanjut.

Dalam pengumuman yang disiarkan televisi secara nasional pada Selasa (18/8/20), Perdana Menteri Chung Sye-kyun mengatakan penguatan pembatasan jarak sosial untuk wilayah metropolitan Seoul, yang merupakan rumah bagi setengah dari 51 juta penduduk negara itu, tidak dapat dihindari karena kegagalan untuk memperlambat transmisi di sana dapat mengakibatkan wabah besar di seluruh negeri.

Pertemuan di luar ruangan lebih dari 100 orang sangat dibatasi. Jika diadakan di dalam ruangan, maksimal 50 orang. Acara olahraga akan diizinkan tanpa penonton.

Dengan fasilitas keagamaan yang muncul sebagai sarang pandemi, gereja-gereja di wilayah Seoul yang lebih besar tidak akan diizinkan untuk mengadakan kebaktian secara langsung.

Tiga operator telekomunikasi utama Korea Selatan akan menyerahkan data lokasi pengguna ponsel yang menghadiri unjuk rasa anti-pemerintah besar-besaran akhir pekan lalu kepada otoritas kesehatan, sebagai bagian dari strategi negara tersebut untuk menahan kebangkitan COVID-19, kantor berita Yonhap melaporkan pada Rabu (19/8/20).

Protes pada Sabtu (15/8/20) lalu menarik ribuan demonstrasi bersama-sama, yang menimbulkan keprihatinan atas infeksi cluster. Operator seluler - SK Telecom Co, KT Corp dan LG Uplus Corp - akan mengirimkan data pengguna seluler yang mengakses stasiun pangkalan di sekitar Gwanghwamun Square di pusat Seoul pada Sabtu (15/8/20) selama lebih dari 30 menit, menyusul permintaan dari otoritas kesehatan pada Selasa (18/8/20).

Berdasarkan undang-undang pengendalian dan pencegahan penyakit menular di negara itu, otoritas kesehatan diizinkan untuk meminta informasi untuk melacak pergerakan individu yang berpotensi terinfeksi.

Operator telekomunikasi sebelumnya telah menyerahkan data lebih dari 10.000 pengguna pada Mei 2020. (*)


Terkait

culture

Pusat Kebudayaan Tiongkok Buka Kembali Pusat Pameran

  • Isna Fauziah
  • 28 Jul 2020

international

Penyebaran COVID-19 di Seoul Melonjak

  • Isna Fauziah
  • 19 Aug 2020

international

Kenaikan Kasus Corona di Korsel, Bisa Lanjut ke Kara

  • Isna Fauziah
  • 28 Aug 2020

culture

Kursus Online Tampilkan Pesona Wayang Kulit China

  • Isna Fauziah
  • 28 Oct 2020
Logo follow bolong