Huawei Segera Rilis HarmonyOS versi 2.0 di Smartphone

logo clock 4 Menit logo clock 11-09-2020, 17:56

HarmonyOS 2.0 Huawei - Image from Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Beijing, Bolong.id - Sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Huawei, "HarmonyOS", ditingkatkan ke versi 2.0, perusahaan teknologi Tiongkok itu mengumumkan pada ajang Huawei Developer Conference pada Kamis (10/9/20).

OS saat ini hanya tersedia untuk perangkat Smart-TV dari Huawei dan Honor. Tetapi pada 2021, itu akan dipasang di smartphone, sebuah langkah besar yang sebelumnya dibantah oleh perusahaan.

"Semua smartphone Huawei pada 2021 akan mendukung OS ini," ujar Richard Yu, Kepala Bisnis Konsumen di Huawei.

Kata kunci untuk versi 2.0 adalah "distributif," memungkinkan beberapa produk Huawei bekerja dengan mulus dan menghadirkan pengalaman yang efisien bagi pengguna.

Wang Chenglu, Kepala Perangkat Lunak di cabang bisnis konsumen Huawei, mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa interaksi antara perangkat HarmonyOS 2.0 akan jauh lebih cepat daripada solusi lintas perangkat saat ini.

"Latensi terminal ke terminal hanya bisa 10 milidetik," kata Wang. "Kami juga berhasil menggabungkan WiFi dan Bluetooth menjadi satu jaringan."

Sinkronisasi video / audio tidak lagi menjadi masalah saat Anda menghubungkan Smart-TV HarmonyOS 2.0 ke smartphone dan speaker yang kompatibel.

Wang juga membandingkan kecepatan jaringan distributif HarmonyOS 2.0 dengan para pesaingnya. "File baca dan tulis bisa empat kali kecepatan protokol Samba Microsoft," katanya. "Performa database OPS 1,3 kali kecepatan fitur Penyedia Konten Android. Dan kecepatan pencarian juga 1,2 kali kecepatan Spotlight Inti Apple iOS."

Huawei juga membangun ekosistem perangkat dengan pembuat elektronik lainnya. "Oven, lemari es, mobil, dan banyak produk pihak ketiga lainnya dengan HarmonyOS 2.0 akan segera tersedia," kata Wang.

HarmonyOS 2.0 - Image from GMC

Sepenuhnya open source

Huawei juga berjanji akan membuat HarmonyOS open source, artinya siapa pun bisa dengan leluasa memeriksa spesifikasi sistem untuk memastikan tidak ada masalah.

IOS Apple dan Microsoft Windows, misalnya, bukanlah perangkat lunak open source, jadi tidak ada orang di luar perusahaan yang mengetahui cara kerja sistem ini.

Huawei mengumumkan roadmap open source untuk HarmonyOS 2.0 selama konferensi itu.

Mulai hari ini HarmonyOS tersedia untuk perangkat Internet of Things (IoT) kecil dengan 128KB-128MB.

"Siapapun dapat membangun kembali OS dari awal dan menjalankannya," janji Wang.

Kode untuk perangkat yang lebih besar akan dipublikasikan secara bebas pada April 2021, dan kode yang tersisa akan tersedia untuk diunduh pada Oktober 2021.

Praktis tidak mungkin bagi Huawei untuk membuat celah atau menambahkan malware ke kode opensource karena tersedia secara gratis untuk diperiksa dan diselidiki oleh semua pemerintah di seluruh dunia.

Developer-friendly atau ramah pengembang

Huawei berusaha keras menarik para pengembang aplikasi untuk bergabung dengan ekosistem HarmonyOS 2.0. Oleh karena itu, ia telah membuat kerangka aplikasi, kompiler kode, dan lingkungan pengembang terintegrasi (IDE) dari awal untuk membantu pengembang melonjak ke pengkodean secara instan.

"Beberapa perusahaan Tiongkok tidak suka peralatan bangunan. Tapi kami menyukainya," kata Wang.

Ekosistem Huawei bekerja di pasar daratan Tiongkok. Tetapi di luar Tiongkok, di mana lebih banyak orang lebih memilih perangkat lunak Google, Huawei mengalami kesulitan mempromosikan smartphone-nya sendiri. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing

 

logo clock 22-10-2020, 10:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Masukkan Teknologi Kuantum dalam Rencana Lima Tahun Ke-14

 

logo clock 22-10-2020, 10:11
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Hidupkan Pariwisata, Hong Kong Luncurkan Kampanye dengan Pengalaman VR

 

logo clock 21-10-2020, 11:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Jaringan 5G China Miliki Lebih Dari 600.000 Stasiun Pemancar

 

logo clock 19-10-2020, 14:20
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

World Young Scientist Summit 2020 Dibuka di China Timur

 

logo clock 19-10-2020, 11:53
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral