PM Vietnam Pimpin Pembukaan Pertemuan Menlu ASEAN Ke-53

logo clock 2 Menit logo clock 10-09-2020, 07:21

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc - Image from CGTN

Hanoi, Bolong.id - Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dalam pembukaan pertemuan antar menteri luar negeri ASEAN, Rabu (9/9/20) menyatakan bahwa inisiatif termasuk Covid-19 Response Fund, Regional Reserve of Medical Supplies, dan rencana pemulihan komprehensif ASEAN tidak hanya membantu dalam tanggapan bersama terhadap COVID-19 tetapi juga memperkuat ikatan di antara anggota ASEAN.

Phuc mendesak anggota ASEAN untuk terus menegakkan solidaritas dan persatuan blok tersebut dan menyerukan upaya untuk mengendalikan COVID-19 serta mempromosikan pemulihan berkelanjutan, dengan tepat memanfaatkan Dana Respons COVID-19 dan mengoperasionalkan Cadangan Perlengkapan Medis Regional.

Ia juga mengatakan para anggota perlu segera membantu dimulainya kembali produksi dan kembali normal, selain memfasilitasi perdagangan dan investasi, memperbaiki rantai pasokan yang terganggu, meningkatkan konektivitas, dan menjembatani kesenjangan pembangunan antara subkawasan ASEAN.

Berbicara pada upacara pembukaan, Pham Binh Minh mengatakan langkah-langkah khusus untuk secara efektif menerapkan instruksi para pemimpin ASEAN pada KTT ASEAN ke-36 akan dibahas pada acara empat hari tersebut.

Perwakilan juga akan bertukar pandangan tentang bagaimana memajukan kerja sama dan integrasi regional, mengatasi tantangan dan kesulitan untuk berhasil mencapai target yang ditetapkan, dan memetakan jalan ke depan, katanya.

Pada pertemuan dengan mitra diskusi ASEAN, para peserta akan membahas isu-isu yang berkaitan dengan masa depan forum dan terus memperluas dan memperdalam kerja sama dalam kerangka kerja Tiongkok-ASEAN dan ASEAN Plus Three untuk memaksimalkan peran platform ini dalam keadaan baru, katanya. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Langgar Komitmen Terkait Paspor BNO, China Tak Akan Tinggal Diam

 

logo clock 24-10-2020, 12:17
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Perkuat Kerjasama dengan Bangladesh dan Maroko Pasca Pandemi

 

logo clock 24-10-2020, 11:41
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral