Wang Yi Ingatkan Unilateralisme - Proteksionisme di Pasca-Epidemi

logo clock 2 Menit logo clock 29-09-2020, 10:17

Wang Yi - Image from GT

Beijing, Bolong.id - Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi (王毅) mengingatkan pentingnya unilateralisme dan proteksionisme internasional di era pasca-epidemi. Itu dia katakan Senin (28/9/20).

Menurutnya, negara-negara harus berhati-hati dalam mengambil keputusan ketika dunia berada pada titik sejarah penting dalam memerangi COVID-19.

Wang (王) menguraikan posisi Tiongkok dalam beberapa aspek.

Perdamaian dan pembangunan tetap menjadi tren yang mendasari zaman, katanya, menekankan bahwa tantangan dan kesulitan harus diselesaikan melalui kerja sama, konsep keamanan baru, dan konsep pembangunan.

"Untuk menjaga perdamaian dan keamanan, negara-negara besar memiliki tanggung jawab khusus dan tidak dapat mengorbankan keamanan negara lain untuk kepentingan mereka sendiri," ujar Wang (王).

Keadilan (fairness and justice), nilai-nilai umum dari semua umat manusia, harus ditegakkan, kata menteri luar negeri, seraya menambahkan bahwa semua negara menikmati hak dan kesempatan yang sama dan mengikuti aturan yang sama.

"Tiongkok adalah penjaga keadilan internasional. Kami tidak akan mencampuri urusan dalam negeri negara lain dan tidak akan membiarkan orang lain mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok," katanya.

Dia mengatakan virus politik mengancam dunia dan Tiongkok tidak akan berusaha keras dalam perang global melawan COVID-19.

Wang (王) menambahkan, Tiongkok akan mengejar pembangunan yang terbuka dan inklusif dan tetap berkomitmen untuk membangun ekonomi dunia terbuka. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

5 Fakta Tentang Dual Circulation, Konsep Ekonomi Baru China

 

logo clock 30-10-2020, 21:30
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Hari Kota Dunia 2020 Fokus pada Kerja Komunitas

 

logo clock 30-10-2020, 14:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kedubes China di Makedonia Utara Sumbang Tablet untuk Pelajar

 

logo clock 30-10-2020, 14:03
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

WHO: Pandemi COVID-19 Masih Jauh dari Selesai

 

logo clock 30-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Sistem Ekonomi China Lebih Terbuka, Lima Tahun ke Depan

 

logo clock 30-10-2020, 12:58
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral