YouTube Luncurkan Produk Mirip TikTok

logo clock 2 Menit logo clock 15-09-2020, 11:00

YouTube Luncurkan Produk Mirip TikTok - Image from The Sun

California, Bolong.id - YouTube Alphabet Inc meluncurkan versinya dari rival media sosial TikTok, layanan video pendek baru yang disebut Shorts, diaktifkan dalam platform berbagi videonya.

YouTube pertama-tama akan menguji fitur tersebut di India selama beberapa hari ke depan dan kemudian meluas ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan mendatang, katanya dalam sebuah postingan blog pada Senin (14/9/20).

Produk baru YouTube, yang akan bersaing dengan Reel dan TikTok dari Facebook Inc., akan memungkinkan pengguna merekam video secara vertikal yang ramah seluler dan kemudian menambahkan efek khusus serta soundtrack yang berasal dari perpustakaan musik YouTube.

Pengumuman tersebut juga datang ketika Oracle Corp dan ByteDance Tiongkok bekerja sama untuk menjaga TikTok tetap beroperasi di Amerika Serikat, mengalahkan Microsoft Corp dalam kesepakatan yang terstruktur sebagai kemitraan daripada penjualan langsung.

Masuknya YouTube ke dalam ruang layanan video pendek bertepatan dengan larangan TikTok di salah satu pasar terbesarnya, India, menyusul meningkatnya ketegangan negara itu dengan Tiongkok.

YouTube Shorts akan memungkinkan Anda mengunggah video pendek ala TikTok - Image from Google

Desas-desus bahwa YouTube sedang mengerjakan klon TikTok telah beredar sejak awal tahun ini dengan semua fakta dikonfirmasi pada Juni 2020. Seperti Instagram, YouTube juga hadir dengan audiens built-in yang sangat besar, tetapi meskipun Instagram mungkin membanggakan banyak orang yang membuat video pendek, hal tersebut tidak memiliki dampak budaya yang sama seperti yang dilakukan TikTok. Mengingat bagaimana Google telah berjuang di masa lalu untuk meluncurkan jejaring sosial, apakah YouTube Shorts akan menghadapi nasib yang sama? (*)


Penulis : Isna Fauziah
Editor : Nurul Diah

Terkait

Baidu Berikan Tumpangan Gratis Uji Robotaxi di Beijing

 

logo clock 22-10-2020, 10:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Masukkan Teknologi Kuantum dalam Rencana Lima Tahun Ke-14

 

logo clock 22-10-2020, 10:11
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Hidupkan Pariwisata, Hong Kong Luncurkan Kampanye dengan Pengalaman VR

 

logo clock 21-10-2020, 11:12
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Jaringan 5G China Miliki Lebih Dari 600.000 Stasiun Pemancar

 

logo clock 19-10-2020, 14:20
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

World Young Scientist Summit 2020 Dibuka di China Timur

 

logo clock 19-10-2020, 11:53
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral