Evolusi Unik Terdeteksi pada Spesies Ikan di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet

21 November 2020, 12:50 WIB

Evolusi Unik Terdeteksi pada Spesies Ikan di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet-Image-1

Evolusi Unik Terdeteksi pada Spesies Ikan di Dataran Tinggi Qinghai-TibetĀ  - Image from CGTN

Qinghai, Bolong.id - Para ahli mendeteksi evolusi unik dan pembentukan spesies ikan langka selama penelitian lapangan di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet Tiongkok Barat, menurut Zhao Kai dari Northwest Institute of Plateau Biology di bawah Chinese Academy of Sciences.

Dengan menggunakan metode biogenetik canggih seperti ekologi molekuler dan filogenetik molekuler, mereka menemukan beberapa fenomena khusus dan langka dalam evolusi ikan Qinghai-Tibet Plateau, jelasnya.

Penelitian tersebut, kata Zhao, telah memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif tentang pembentukan spesies ikan dan evolusi keragaman di dataran tinggi demi pembiakan varietas baru.

Dilansir dari CGTN, para ahli juga menemukan cabang baru spesies ikan dataran tinggi di sebuah danau di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. Penemuan ini telah memberikan bukti baru yang dapat dipercaya untuk mengkonfirmasi hipotesis spesiasi simpatrik dari teori evolusi Charles Darwin. Terlebih lagi, studi ini membantu dan kondusif untuk perlindungan lingkungan setempat, kata Zhao. (*)