Baca dalam 3 menit

Inilah Kebijakan Ekonomi Luar Negeri China

SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok pada Senin (9/11/20) menetapkan pedoman baru perdagangan luar negeri. Menyangkut sembilan bidang. Antara lain, promosi, eksplorasi pasar internasional, dan peningkatan daya saing produk ekspor.

Itu, Rencana Lima Tahun Pembangunan Sosial dan Ekonomi ke-14 serta Dinamika Pembangunan Ganda (Double Development Dynamic; DDD), yang juga dikenal sebagai "sirkulasi ganda,".

Tiongkok akan aktif bernegosiasi di perdagangan bebas berstandar tinggi dan perjanjian perdagangan regional. Untuk itu memanfaatkan teknologi dan saluran baru pasar internasional, menurut pedoman tersebut.

Fokusnya meningkatkan kualitas perdagangan di wilayah timur negara itu, wilayah tengah dan barat, wilayah timur laut. Juga mendorong kerjasama berbagai wilayah, kata pedoman tersebut.

Pun, ditetapkan langkah-langkah meningkatkan struktur ekspor - impor, mode perdagangan inovatif, dan mengembangkan platform mempromosikan perdagangan luar negeri.

Tiongkok telah berhasil menjaga perdagangan luar negeri stabil tahun ini meskipun diganggu oleh pandemi COVID-19.

Dilansir dari CGTN, ekspor negara terus meningkat pada Oktober 2020, mencapai level tertinggi dalam 19 bulan. Dalam 10 bulan pertama, perdagangan barang luar negeri negara itu naik 1,1 persen tahun ke tahun, dipercepat dari kenaikan 0,7 persen di tiga kuartal pertama, data bea cukai menunjukkan. (*)



Terkait

business

Inilah Kebijakan Ekonomi Luar Negeri China

  • Isna Fauziah
  • 11 Nov 2020
Logo follow bolong