Baca dalam 3 menit

Penemuan Baru Telah Dibuat di Situs Peiligang Henan

SHARE ARTIKEL

Situs Peiligang - Image from CGTN

Henan, Bolong.id - Penemuan baru telah dibuat di situs budaya Peiligang, sebuah situs arkeologi di Kabupaten Xinzheng, Provinsi Henan. Selain untuk menentukan kisaran penanggalan dan luas situs secara lebih akurat, banyak peninggalan budaya yang sangat indah telah ditemukan, yang memungkinkan masyarakat untuk memiliki pemahaman yang lebih komprehensif dan ilmiah tentang kondisi kehidupan masyarakat pada saat itu.

Budaya Peiligang adalah budaya Neolitik di lembah sungai Yi-Luo, di Provinsi Henan, Tiongkok modern. Lebih dari 100 situs telah diidentifikasi dengan budaya Peiligang.

Budaya tersebut dinamai berdasarkan situs yang ditemukan pada tahun 1977 di Peiligang, sebuah desa di Kabupaten Xinzheng, Provinsi Henan, Tiongkok.

Penggalian situs dimulai pada Mei 2018. Studi terbaru telah mengonfirmasi bahwa situs Peiligang di Xinzheng mencakup area seluas 50.000 hingga 60.000 meter persegi.

Hasil penanggalan yang baru dan lebih akurat menunjukkan bahwa reruntuhan Peiligang berusia 8.200-7.700 tahun, berlangsung sekitar 500 tahun, dan merupakan pemukiman sentral yang berumur panjang di wilayah tersebut.

Li Yongqiang, Asisten Peneliti Institut Arkeologi, Akademi Ilmu Sosial Tiongkok, memperkenalkan beberapa peninggalan budaya yang digali kepada publik di situs penggalian di sisi barat reruntuhan Peiligang pada 6 November 2020.

"Ada potongan batu, tulang, cangkang telur burung unta, yang berasal dari 26.000 hingga 30.000 tahun lalu," kata Li.

Kulit telur burung unta dari lebih dari 26.000 tahun yang lalu - Image from The Papaer

Li mengatakan penggalian menunjukkan bahwa nenek moyang bisa saja membuat kalung dari potongan kulit telur burung unta 30.000 tahun lalu. "Orang-orang kuno kemudian menyukai keindahan seperti yang mereka lakukan sekarang," tambah Li.

Dalam penggalian ini, sisa-sisa Paleolitik terakumulasi hingga ketebalan lebih dari 225 cm, dengan luas sebaran lebih dari 5.000 meter persegi, yang sangat meningkatkan konotasi dan status situs Peiligang.

Li Yongqiang juga mengatakan, saat ini seluruh area penggalian situs hanya sekitar 1.500 meter persegi. Penyelidikan lebih lanjut tentang lingkungan geologi di sekitar situs akan dilakukan di masa mendatang, yang akan memberikan lebih banyak informasi ilmiah tentang pemulihan lingkungan paleo, paleoklimat, geologi dan geomorfologi, serta kondisi hidrologi situs Peiligang.

Dilansir dari CGTN, penggalian arkeologi ini juga menemukan alat-alat pertanian, sejumlah besar cangkang buah berkarbonisasi, lebih banyak tulang binatang, sejumlah kecil biji dan biji-bijian berkarbonisasi, yang memberikan informasi yang lebih akurat dan ilmiah untuk studi kondisi ekonomi periode Peiligang. (*)







Terkait

ces 2020

CES ASIA 2020 di Shanghai ditunda!

  • Bolong team
  • 12 Mar 2020

corona

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakar

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

berita

Krisis Kepedulian Tanggapi Corona, Anggap Remeh hing

  • Bolong team
  • 19 Mar 2020

berita

Penanganan Virus Corona Tiongkok vs Indonesia

  • Rizal Al Hidayah
  • 20 Mar 2020

berita

Corona Menurun, Tiongkok Pulangkan Tim Medis, Indone

  • Bolong team
  • 20 Mar 2020

berita

Cara Tiongkok Tindak WNA yang Masuk Selama Wabah Cor

  • Bolong team
  • 20 Mar 2020
Logo follow bolong